Pramuka Ikut Membantu Penanggulangan Pandemi Covid-19 dan Bela Negara

Dejurnal.com, Karawang – Peringatan Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020 dilakukan secara virtual di seluruh Indonesia, seperti halnya dengan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Karawang yang menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh para Kwartir Ranting di seluruh kabupaten Karawang di Aula Singaperbangsa lantai 3 Gedung Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang, Minggu (25/10/2020).

Gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka Indonesia dibentuk pada 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Tema Hari Pramuka tahun ini pun cukup berbeda lantaran berkaitan dengan pandemi yang masih melanda Tanah Air, yaitu ‘Gerakan Pramuka ikut membantu penanggulangan bencana COVID-19 dan bela negara.

Turut hadir dalam upacara peringatan hari pramuka tersebut , Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, H Acep Jamhuri, ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang Drs. H. Dadan Sugardan, M.Pd, Ketua Harian H Soehada berserta jajaran pengurus Kwartir Cabang Karawang,.

Pada sambutannya Drs H Dadan Sugardan mengatakan, agar para Pembina pramuka bisa Meningkatkan kualitasnya agar dapat lebih kreatif dan inisiatif dalam memberikan pembinaan kepada anak didiknya di samping itu khususnya kepada Pramuka Penegak dan pandega yang berusia antara 16 sampai 25 tahun gerakan pramuka juga memberikan kesempatan untuk belajar dan ikut memimpin sesuai dengan aturan norma yang berlaku di lingkungan gerakan Pramuka merekalah calon pemimpin di masa depan dan untuk itu kepada mereka kita buka kesempatan ikut aktif dalam berbagai kegiatan mulai dari perencanaan, persiapan pelaksanaan, sampai dengan laporan dan evaluasi di akhir pelaksanaan kegiatan.

Dalam pelaksanaan peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun ini, dilakukan juga pemberian Penghargaan kepada 11 orang, yang terdiri dari penghargaan Pancawarsa, dan juga kepada para penggalang yang mendapatkan penghargaan Garuda penggalang dan Penegak , dan juga dilakukan pelantikan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega masa bakti tahun 2020 – 2025.***GD/RF