Kategori
deBisnis

Pemkab Purwakarta Dorong Perluasan Area Masa Tanam

Dejurnal.com, Purwakarta – Untuk memastikan tetap terjaganya ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan beberapa strategi yang dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), terus mendorong semangat para petani untuk terus memproduksi beras.

Tidak hanya mendorong pemaksimalan tanam lahan sawah dengan mekanisasi penyediaan air tetapi juga melalui upaya untuk memanfaatkan lahan kering, kebun dan lahan bekas tebangan melalui program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB).

Dalam keterangannya, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan, saat ini Kabupaten Purwakarta mendapatkan alokasi untuk PATB seluas 225 hektar.

“Alhamdulillah, kami bersyukur Kabupaten Purwakarta mendapat alokasi program PATB dari Kementan RI, tentu program ini kita sambut baik dan petani di Purwakarta siap untuk melaksanakan program tersebut,” kata Agus, Jumat (23/10/2020).

Terkait hal itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap program ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi. “Kami harap para petani bisa memaksimalkan bantuan yang ada sehingga produksi padi di Kabupaten Purwakarta terus meningkat. Dengan begitu petani juga semakin sejahtera,” kata Anne.

Menurutnya, Pemda Purwakarta menargetkan program PATB ini dengan luas lahan 225 hektar dengan rata-rata produktifitas lahan kering sebesar 4 ton per hektar.

“Dengan program ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi beras sebesar 432 ton beras. Sebelumnya, berdasarkan data realisasi tanam pada masa tanam Oktober 2019 – September 2020 telah berhasil ditanam seluas 40.800 hektar dengan perkiraan dapat menghasilkan kurang lebih 137.035 ton beras,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua Kelompok Tani Talaga Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari, Adung mengungkapkan pada hari ini Jumat (23/10) telah dilaksanakan penanaman perdana Program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 5 hektar dari total 60 hektar di Kelompok Tani Talaga Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari.

Menurutnya, dalam agenda tersebut juga turut hadir Camat Kecamatan Sukasari beserta perangkatnya, Kepala Desa Kutamanah beserta perangkatnya, Tokoh Tani dan Tokoh Masyarakat setempat.

“Masyarakat menerima dengan senang hati dan berterimakasih kepada Pemda Purwakarta, melalui jajaran Dispangtan Purwakarta atas program bantuan yang telah diterimanya dan berharap dengan adanya program ini masyarakat dapat meningkatkan ketahanan pangannya walaupun sekarang dalam kondisi pandemi covid-19,” kata Adung. ***budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *