Ketua PP Garut : Aktualisasi Nilai Pancasila Mesti Dibumikan

Dejurnal.com, GARUT – Tepat tanggal 28 Oktober, selain memperingati hari Sumpah Pemuda. Juga memperingati HUT Pemuda Pancasila ke-61, menjadi sebuah momentum yang sakral bagi Pemuda Pancasila untuk diperingati setiap tahunnya.

“Kami dilahirkan tepat pada 28 Oktober 1959 bertepatan dengan Sumpah Pemuda. Sehingga secara nilai kita ini sebagai penerus Sumpah Pemuda, ini yang akan terus kita jaga,” ucap H. Delit Suparman selaku Ketua Pemuda Pancasila Garut, Rabu,(28/10/2020)

Dengan demikian, lanjut H. Delit, Pemuda Pancasila yang lahir berbarengan dengan Sumpah Pemuda, berjanji akan terus mengajak muda-mudi agar tetap menjaga persatuan bangsa

Menurut Ketua MPC Pemuda Pancasila Garut H. Delit Suparman bahwa sejak awal berdirinya, Pemuda Pancasila tidak pernah sepi dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

“Artinya, penempatan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum Negara adalah sesuai dengan pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menempatkan Pancasila sebagai dasar dan ideology negara serta sekaligus dasar filosofis bangsa dan negara sehingga setiap materi muatan peraturan,” katanya.

Pemuda Pancasila sepenuhnya sadar bahwa Pancasila hanya akan jadi simbol semata jika tak digerakkan dan dijalankan semua nilai yang terkandung di dalamnya,” imbuhnya

Dia berharap, semoga Pemuda Pancasila semakin dewasa dalam menyikapi segala hal, berguna bagi nusa dan bangsa dan tetap istiqomah dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Momentum HUT ke-61 sekiranya menjadi acuan bagi kita selaku kader Pemuda Pancasila untuk berkonstribusi yang nyata terhadap kemajuan Garut dan aktualisasi nilai Pancasila harus dibumikan di Garut yang diinisiasi oleh kader Pemuda Pancasila,” tuturnya.

Ia berpesan, Pemuda Pancasila harus tampil di garda terdepan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan hari ini di Garut, baik itu terkait kontrol terhadap jalannya roda pemerintahan dan permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat.

“Kader Pemuda Pancasila selalu berikhtiar untuk memberi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dengan saling membantu, Insya Allah Garut akan maju dan sejahtera,” pungkasnys.***Udg/Tadz

.