Disdukcapil Karawang Meminta KPU Menyisir Pemilih Yang Belum Mempunyai e-KTP

Dejurnal.com,Karawang – Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bekerjasama dengan KPU Karawang akan meminta warga Karawang yang memiliki hak pilih dalam Pilkada , namun belum melakukan perekaman e-KTP, meminta agar segera melakukan perekaman. Saat ini tercatat sebanyak 9 ribu orang pemilih yang belum melakukan perekaman. Disdukcapil menargetkan sebelum pelaksanaan Pilkada seluruh hak pilih sudah memiliki e-KTP.

“Data yang kami terima dari KPU sebanyak 9 ribu orang yang belum melakukan perekaman. Kami harapkan masyarakat, khusus mereka yang terdaftar sebagai pemilih agar segera melakukan perekaman e-KTP. Kami bersama KPU sudah bekerjasama agar permasalah ini selesai sebelum Pilkada,” ungkap Yudi Yudiawan Plt. Kadis Dukcapil Kab. Karawang, Rabu (14/10/2020).

Menurut Yudi data pemilih yang belum melakukan perekaman berasal dari KPU, Kemudian pihaknya menelusuri daftar pemilih tersebut dan ternyata ada beberapa yang sudah melakukan perekaman.

“Kemarin kita mendapat daftar pemilih dari KPU sebanyak 13 ribu pemilih. Namun setelah kita telusuri hanya ada 9 ribu yang belum melakukan perekaman. Sisanya sudah melakukan perekaman e-KTP, ” katanya.

Yudi mengatakan, untuk mensukseskan Pilkada Karawang yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020, Disdukcapil sudah melakukan persiapan terkait pengadaan blangko KTP. Setiap minggu Disdukcapil mendapat kiriman blangko sebanyak 10 ribu blangko e-KTP. Rata-rata setiap hari pemohon e-KTP sebanyak 1.100 orang. “Jadi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat” jelasnya.

Ditambahkannya pula, pihak Disdukcatpi meminta KPU agar segera menyisir wilayah wilayah yang terdapat pemilih akan tetapi belum melakukan perekaman e-KTP melalui pengurus KPU ditingkat kecamatan. Pihaknya juga akan meminta Camat bisa mensosialisasikannya melalui rapat minggon.

“Kita jemput bola aja sampai ke desa-desa agar semua bisa melakukan perekaman,” pungkas Yudi Yudiawan. ***GD/RF