Dihadiri Dinkop UMKM, Komunitas Peternak Ikan Lele Garut Bentuk KOLEGA

Dejurnal.com, Garut – Masih besarnya potensi untuk membudidayakan ikan lele di Kabupaten Garut membuat komunitas para peternak lele terdorong untuk membuat koperasi khusus bidang ikan lele.

Bertempat di Desa Ciwangi Limbangan, komunitas lele garut memutuskan untuk mendirikan Koperasi Lele Garut (Kolega) yang dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan KUKM Nurodin, Kabid Kelembagaan Hj. Imas dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Limbangan, Sabtu (3/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Pelaksana BPKIM Kementerian Kelautan dan Perikanan Kusnadi yang menghari pembentukan Kolega memberikan pemaparan tentang potensi pembudidayaan lele di Kabupaten Garut yang peluangnya masih besar.

“Budidaya lele termasuk usaha yang menjanjikan jika ditekuni secara serius karena pasar ikan lele termasuk besar,” ujarnya.

Menurut salah satu pemrakarsa terbentuknya Kolega, Adi SP mengatakan bahwa pertemuan pembentukan koperasi ini berdasarkan dari banyaknya peternak lele di Garut namun masih belum bersatu.

“Pertemuan ini selain mempersatukan juga membentuk wadah koperasi untuk mengikat para peternak lele di Garut dalam satu kesatuan visi dan misi,” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 50 orang peternak lele baik yang sudah lama atau pemula, memutuskan membentuk koperasi khusus peternak dan hobbies terhadap ikan lele, dengan mengangkat Adi SP sebagi ketua.***Raesha/Zul