Cabup Yena Blusukan Ke Pasar Soreang

Dejurnal.com, Bandung – Pedagang tradisional merupakan penggerak perekonomian di daerah. Oleh sebab itu, pasar tradisional harus diperhatikan supaya ditata lebih rapih. 

Demikian dikatakan Hj. Yena Iskandar Ma’soem, calon Bupati Bandung nomor urut 2 saat blusukan ke Pasar Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (12/10/2020). 

“Kalau saya terpilih jadi Bupati Bandung bersama Calon Wakil Bupati Atep, saya akan memperhatikan pasar tradisional agar tertata lebih rapih lagi dan bersih, makin representatif dan nyaman,” kata Yena .

Calon Bupati Bandung yang diusung PDIP dan PAN ini blusukan ke Pasar Soreang memperkenalkan diri kepada para pedagang bahwa dirinya  mencalonkan diri jadi Bupati Bandung.

Di Pasar Soreang, Yena  memperkenalkan diri kepada para pedagang sambil mengedukasi disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap lorong kios didatangi untuk menyalami para pedagang, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Para pedagang di Pasar Soreang itu seperti mendapat kejutan. Mereka tidak menyangka bakal berkenalan dan melihat langsung dari dekat sosok Yena Ma’soem. Selama ini, pedagang hanya tahu sosok Yena dari gambar di poster dan baligo yang terpasang.

“Saya menyapa para pedagang sambil memberikan edukasi protokol kesehatan, juga membagikan masker serta vitamin untuk pedagang,” kata Yena kepada wartawan.

Ia mengungkapkan masyarakat di pasar tradisional sebenarnya sudah cukup sadar untuk selalu memakai masker. Namun menurutnya, kesadaran untuk jaga jarak masih harus terus disosialisasikan kepada pengunjung pasar. Yena pun berharap pedagang turut aktif memberikan edukasi kepada pembeli terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi di dalam pasar.

“Para pedagang tidak cukup hanya menyediakan tempat cuci tangan, tapi juga harus turut memberikan edukasi kepada pembeli jika tidak memakai masker atau tidak jaga jarak,” kata dia.***Sopandi