Bantuan Modal Usaha Bagi Pelaku UMKM Cianjur Tahap II Mulai Dicairkan

Dejurnal.com, Cianjur – Para pelaku UMKM yang mengajukan bantuan sumringah, pasalnya dana bantuan pemerintah untuk para pelaku mikro mulai dicairkan.

Hal itu tergambar dari raut wajah serta bahasa tubuh Firman warga penerima manfaat yang mendatangi bank BRI untuk mencairkan dana bantuan UMKM.

Firman sebagai penjual gorengan rela antri bersama warga lainnya sejak dari pukul 09.00 s/d 02.50 WIB agar bantuan permodalan UMKM sebesar Rp. 2.400.000 dapat dibawa pulang ke rumah hari ini juga, Jumat (16/10/2020).

Selain Firman, ada Wawan selaku penjualan pakaian) warga Kp. Selagedang Rt. 03/08 Kel. Sawahgede yang mengaku, dengan adanya bantuan modal Usaha UMKM dirinya sangat terbantu.

Heueuh Mang nganuhunkeun pisan ka pamarentah, nu geus masihan modal usaha,” pungkas Wawan dengan logat bahasa Sunda.

Kepala Cabang BRI Pamoyanan Didi membenarkan adanya pencairan dana permodalan untuk UMKM.

“Betul ini adalah pencairan uang untuk permodalan UMKM, khusus untuk wilayah Cianjur Kota, kalo ggak salah ini tahap ke 11 – 12, kebetulan tahap 11 – 22 pembagianya di BRI Kancab Pamoyanan,” ujarnya.

Sementara itu, para pelaku UMKM yang mendapat bantuan permodalan, ketika ditanya apakah dana permodalan UMKM yang mereka terima utuh, sebagian besar menjawab utuh, kalaupun ada pemotongan itu diminta ketua RT.

“Memang betul ada pengkondisian pemotongan uang bantuan permodalan UMKM, yang diarahkan oleh oknum RT, akan tetapi kisaran besarannya tidak ditentukan, seikhlasnya,” ujar salah satu warga pelaku UMKM.***Hers