15 Desa Di Subang Mendapat Reward Cator Pengangkut Sampah

dejurnal.com, Subang – Pemberian bantuan dari Yayasan Globalisasi Saemaul Korea Selatan kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang, untuk pengelolaan sampah berupa Cator, yang akan nantinya di bagikan kepada Desa.

Pemberian Cator secara simbolis di bagikan oleh Ketua Yayasan Pradita Nurmaya Kusuma kepada Bupati Subang H. Ruhimat.,SPd.,MSi di depan Halaman Pemda Subang, Rabu (14/10/2020).

Menurut Bupati Subang bantuan yang diberikan oleh pihak Yayasan Globalisasi Saemaul Korea Selatan merupakan kerjasama Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang dalam pengelolaan sampah.

“Bantuan yang diberikan oleh pihak yayasan itu berupa Cator sebanyak 15 unit yang akan di bagikan kepada 15 desa di Subang,” ujar Ruhimat yang di dampingi oleh wakilnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Rona mengungkapkan hal yang serupa bahwa bantuan Cator ini sebagai bentuk reward terhadap Desa dalam pengelolaan sampah melalui sistem 3R yakni kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) mendaur ulang sampah (recycle).

“Rencana untuk ke depan bahwa Kabupaten Subang ditahun 2021 akan meraih penghargaan Adipura, terkait Subang bersih dari sampah,” pungkasnya.

Untuk kedepannya Kabupaten Subang akan membuat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah baru di Wilayah Kecamatan Kalijati, seluas 100 ha, hal itu perlu dukungan dari berbagai kalangan warga masyarakat Subang untuk meraih Subang Kota Adipura di tahun 2021.

“Salah satu contoh kota Subang harus bersih dari Sampah, dari berbagai Kota, Desa maupun Pasar,” ungkap Ruhimat.**Asep