Tergeletak Kaku Belasan Tahun, Kondisi Jupi Warga Garut Tak Terawat dan Buruk Gizi

Dejurnal.com, Garut – Muhammad Jupi (13 Tahun), salah satu warga Kampung Sindangreret RT. 03 RW.05 Desa Karangpawitan Kec. Karangpawitan Kabupaten Garut, terbujur kaku menunggu uluran tangan dari para dermawan.

Nasib malang melanda remaja ini, walau memiliki Kartu Indonesia Sehat, PKH dan pernah diusulkan salah satu warga yang menerima bantuan disabilitas. Tak mampu dinikmati Muhammad Jupi yang berbaring tergeletak dengan tubuh kaku akibat sakit yang dideritanya.

Kondisi Jupi begitu mengkhawatirkan seakan tak ada yang peduli dengan kehidupannya, sejatinya Muhammad Jupi bisa menikmati kehidupan remajanya untuk dapat menggapai cita-citanya.

Kepala Desa Karangpawitan Dadang Suryana mengakui bahwa Muhamad Jupi adalah warganya, namun ia membantah jika pihak Pemerintah Desa Karangpawitan tak peduli.

“Anak tersebut benar warga kami dan sudah lama menderita, hampir belasan tahun, tinggal bersama neneknya karena ibunya telah wafat, dan kita sudah upayakan berbagai bantuan baik KIS, PKH dan bantuan disabilitas ke Dinsos,” ucap Kades yang akrab dipanggil Aom

Kades Aom pun mengatakan bahwa dari anggaran yang bersumber khusus di Desa, sempat juga diberikan berdasarkan keterangan Kader dan Staff.

“Maklum saya kan baru jadi Kades di sini sempat ibu Wakil Bupati saat mencalonkan diri datang berkunjung didampingi ibu PKK dan Pa Camat Karangpawitan, kemarin juga dari Anggota DPRD Fraksi PDIP Dapil I, lainnya belum, yah memang disini ada Anggota DPRD Partai Demokrat Pa Cucu belum sepengetahuan saya,” tuturnya.

Sementara salah satu aktifis Karangpawitan, Sitorus yang mengetahui tentang kondisi Muhammad Jupi merasa sedih dan marah melihat fakta seperti itu di lapangan. Pasalnya, selaku warga Karangpawitan dirinya merasa miris ada salah satu warga yang terlihat begitu buruk gizi.

“Semestinya hal seperti ini tidak terjadi pada Jupi jika semua pihak memang benar menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Muhammad Jupi, lanjut Sitorus, terlihat sangat menderita dan tampak kekurangan gizi, jauh sekali dengan misi dan visi Terwujudnya Masyarakat Yang Mandiri Sejahtera.

“Peranan pemerintahan baik tingkat kecamatan, Pemda Kabupaten Garut begitupun Para Wakil Rakyat DPRD Kabupaten Garut khususnya DPRD Dapil Satu, terlihat sangat kurang. Lantas pada kemana mereka selama belasan tahun ini?” Pungkasnya *** Yo/ Red.