Kamis, 25 April 2024
BerandadeNewsSatgas Citarum Harum Sektor 21 Keruk Sedimentasi Sungai Cimande Rancaekek

Satgas Citarum Harum Sektor 21 Keruk Sedimentasi Sungai Cimande Rancaekek

Dejurnal.com, Bandung – Dalam rangka mempercepat terlaksanya program Citarum Harum, Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek melakukan pengerukan Sedimentasi di bantaran Sungai Cimande, Desa Nanjungmekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut di benarkan oleh Kapendam III/Slw Kolonel Inf F.X. Sri Wellyanto Kasih, saat di tanya oleh awak media di Kantor Pendam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Senin (14/9/2020) sore.

Di katakan Kapendam, pelaksanaan kegiatan pengerukan sedimentasi sepanjang lebih kurang 20 meter X 5 meter dengan menggunakan excavator.

Selain itu, excavator di gunakan pembuatan akses jalan masuk Armada Dum Truck. “Pengerukan Sidementasi dan pembuatan akses jalan untuk digunakan kendaraan Dum truk ini, dari laporan Dansektor 21 Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf Yusep Sudrajat,” ujar Kapendam III/Slw.

Lanjut Kapendam mengatakan, penengerukan sedimentasi sungai Cimande didasarkan pada sedimentasi di bantaran sungai khususnya sekitar Jembatan Cimande sudah cukup tinggi sehingga menyisakan jalan air seukuran parit. Bahkan di sekitar pemukiman ada yang hampir sejajar dengan jalan kendaraan.

Kapendam menambahkan, “keluhan warga masyarakat di RW 04, RW 05 dan RW 14, sering kebanjiran kalau musim hujan tiba. Sekarang dengan dilakukan pengerukan sedimentasi, di wilayah tersebut tidak akan kebanjiran lagi.

Sementara itu, untuk limbah dan tanah yang sudah mengeras hasil pengerukan sedimentasi tersebut digunakan pengurugan lahan milik warga yang bernama bapak Edy di Kampung Pangsor RT 01 RW 04 Desa Nanjungmekar, Rancaekek yang akan di jadikan Gudang di wilayah binaan Subsektor 01 Rancaekek, tukas Kapendam III/Slw Kolonel Inf F.X.Sri Wellyanto Kasih. ***(Udg)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI