Selasa, 16 April 2024
BerandadeBisnisPangdam III/Siliwangi Tebar Benih Ikan Untuk Kebutuhan Pangan Di Purwakarta

Pangdam III/Siliwangi Tebar Benih Ikan Untuk Kebutuhan Pangan Di Purwakarta

dejurnal.com,Purwakarta – Kunjungi Purwakarta Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto tebar 150.000 benih ikan di danau seluas 17 hektare eks galian C di Desa Cibening Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Seperti diketahui, ia beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0619 Purwakarta, Jumat (11/09/2020). Dalam rangkaian kegiatannya di Purwakarta ia melaksanakan beberapa kegiatan di Kecamatan Bungursari, diantaranya kegiatan bakti sosial dan menebar benih ikan.

“Saya melihat kegiatan para prajurit yang melaksanakan tugas sehari-harinya, dan saya lihat cukup baik. Setelah itu saya menebar benih ikan nila di danau bekas galian,” Ucap Mayjen TNI Nugroho Budi di Lokasi bhakti sosial, di Desa Cibening, Bungursari.

Ia berharap, kedepannya benih ikan yang disebar di danau tersebut bisa menjadi sumber pangan dalam beberapa bulan mendatang. Dalam upaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, pihaknya memberikan bantuan sembako kepada warga di desa tersebut.

“Kita harapkan dalam 2-3 bulan mendatang ikan itu sudah besar, dan siapapun boleh memancingnya untuk kebutuhan pangan. Kemudian, kami membantu masyarakat kita yang terkena dampak dari pandemi Covid-19,” Katanya.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pihaknya akan menginventarisir situ-situ bekas galian C di Purwakarta untuk dilakukan pembenahan dan penebaran benih ikan.

“Ada 8 situ eks galian C, yang nantinya akan di restocking ikan. Kemudian di pinggiran situ itu akan dimanfaatkan untuk lahan penghijauan,” Ujarnya.

Bupati Anne menambahkan, situ-situ tersebut menjadi sumber air ketika musim kemarau tiba, dan nantinya akan menjadi sumber penampungan air ketika musim penghujan.

“Situ-situ ini airnya tidak pernah surut ketika musim kemarau datang karena kedalamannya lebih dari 12 meter. Jadi kedalamannya tidak seperti situ-situ yang sudah ada di Purwakarta,” imbuhnya. ***budi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI