Jelang Pengukuhan, IWO Kabupaten Sukabumi Tekankan Anggota Produktif Dalam Karya Jurnalistik

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Guna mengukuhkan struktur kepengurusan sekaligus mempersiapkan pelantikan, Ikatan Wartawan Online (IWO) PD Kabupaten sukabumi adakan rapat kali kedua di Desa Berkah Kecamatan Bojonggenteng.

Menurut Ketua IWO Kabupaten Sukabumi Heryadi, saat ini keangotaan IWO Kabupaten Sukabumi banyak yang tidak aktip atau kurang pro aktip, maka dari itu pihaknya melakukan rapat kembali untuk pengukuhan kepengurusannya.

“Kita utamakan karya tulis, jangan sampai legalitas sebagai pers hanya memiliki ID Card tanpa ada karya jurnalistik, karya tulis masing-masing anggota harus utamakan,” tegasnya pada acara rapat, Minggu (6/9/2020).

Heriyadi juga mengajak jurnalis yang tergabung di IWO untuk semangat karena IWO ini bukan sebatas organisasi wadah kecil atau lokal.

“IWO ini sudah menasional, di seluruh nusantara kita sudah legal, maka dari itu mari utamakan setiap anggota memiliki karya tulis masing- masing, jangan sampe legalitas lengkap tapi tidak punya karya tulis sebagai mana pungsi kita masing-masing,” tandasnya.

Menurut Heriyadi, saat ini pandemi covid-19 masih berlaku khususnya di Indonesia, di kabupaten Sukabumi ini walaupun zona hijau ataupun zona kuning tetap waspada dan harus mengunakan protokol kesehatan yang sudah di tentukan pemerintah, seperti hal nya saat ini dampak covid-19 banyak masyarakat terkena dampak dari segi ekonomi mata pencaharian nya, dan juga sebentar lagi mengahadapi Pilkada serentak khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“Saya berharap kepada rekan rekan IWO PD Sukabumi khususnya , agar bisa lebih selektif dalam pemberitaan terutama tentang pandemi Covid-19 ini, sampaikan kepada rakyat agar tidak merasa resah , dengan selalu menggunakan protokol kesehatan yang berlaku, selain itu dalam mengahadapi pilbup Sukabumi 2020 ini, ramaikan berita kepada publik agar masyarakat tahu bahwa kita adalah media yang menyampaikan sesuai informasi yang valid, jangan menjadi sebuah bomerang, apalagi mengadu domba ciptakan suasana yang aman dan damai,” paparnya.

Heriyadi pun menerangkan bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi kita sebagai insan pers harus membantu masyarakat, dengan fungsi pers sampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah kabupaten maupun pusat melalui media, karna saat ini dampak covid-19 masih banyak dirasakan masyarakat. Apalagi sebentar lagi Kabupaten Sukabumi akan menghadapi Pilkada serentak yang harus dikawal agar sukses, aman dan tentram.

“Tingkatkan kinerja profesi sebagai wartawan dengan dasar Undang Undang No 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan hindari penyampaian berita hoak dan sara,” ucapnya.

Heriyadi pun berharap IWO Kabupaten Sukabumi ke depan makin maju dan makin terpercaya.

“Utamakan keluarga , besarkan media, majukan organisasi, salam IWO No Hoak No Sara ,” pungkasnya.

Dalam rapat tersebut, selain Pengurus turut hadir Dewan Pembina Dedi Ruslan, Dewan Penasehat Habib Achmad Hudoro, Sigar Silitonga, SSos. Dewan Kode Etik Yopi Sulaeman S,E. dan para anggota IWO Kabupaten Sukabumi.***Pardi