Dugaan Penyebab Banjir Bandang Cicurug Mulai Terkuak, Ini Penjelasan TNGHS

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Banjir bandang yang terjadi di Kp. Cibuntu Cicurug Kabupaten Sukabumi beberapa hari yang lalu serta menggemparkan karena berdampak bukan hanya korban harta melainkan juga ada nyawa melayang.

Informasi yang dihimpun dejurnal.com, penyebab terjadinya banjar bandang Cibuntu Desa Pasawahan Cicurug diduga diakibatkan Gunung Salak yang mengalami longsor di KM 4 Blok Batu Sapit.

Hal itu diungkapkan salah satu petugas lapangan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Abu Taufik kepada dejurnal.com, Senin (28/9/2020).

Lebih lanjut Abu Taufik menjelaskan, adanya longsor Gunung Salak di KM 4 Blok Batu Supit dari batas ke dalam hutan menyebabkan longsoran sehingga tanggul alami yang sudah ada tidak kuat dan mengakibatkan tanggul jebol.

” Longsor inilah yang menyebabkan jebolnya tanggul dan tak mampu menahan aliran air dan tanah sehingga terjadi banjir bandang,” ungkapnya.

Abu Taufik pun mengatakan bahwa petugas tim dari TNGHS hari ini Senin (28/9/2020) bergerak ke titik terjadinya longsor yang ada dikawasan Gunung Halimun Salak untuk melalukan tindakan preventif.

“Untuk mendeteksi dan mengantisipasi terjadinya longsor susulan,” pungkasnya.***Supardi