Kamis, 25 April 2024
BerandadeHumanitiDua Selibritis Ramaikan Pilkada Kabupaten Bandung

Dua Selibritis Ramaikan Pilkada Kabupaten Bandung

Dejurnal.com, Bandung – Artis sinetron Sahrul Gunawan dan mantan pamaen Persib Atep Muhamad Rizal meramaikan Piemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung. Sahrul Gunawan jadi bakal calon (balon) wakil bupati mendampingi Dadang Supriatna sebagai balon Bupati Bandung. Sedangkan Atep jadi balon wakil bupati mendampingi Yena Iskandar Ma’soem yaang jadi balon bupati.

Ketiga pasangan balon Bupati Bandung sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari pertama, Jum’th (4/9/2020) daei tiga gari waktu yang disesiakan KPU untuk para balon daftar, (4-6/9/2020). Pada hari yang sama itu ketiga pasangan berbarengan daftar.

Pasangan Dadang Suptriatna -Sahrul Gunawan lebih dulu men daftar, diikuti oleh pasangan Yena-Atep, kemudian pasangan Nia Kurnia Dadang Naser – Usman Sayogi. Ketiga balon disambut oleh Ketua KPU Agus Baroya dan anggota komisioner KPU lainnya dengan prosesi upacara adat tari di halaman Balai Pintar KPU Kabupaten Bandung Jalan Sindang Wargi Kecamatan Soreang

Pasangan Dadang Supriatna yang mengusung jargon “Bedas”(bersama Dadang Supriatna) – Sahrul Gunawan merupakan pasangan yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangs (PKB), Nasdem, dan PKS dengan beberapa partai nonparlemen. Dadang Supriatna sendiri ikader Golkar, tapi berpindah hakuan ke PKB karena DPP Golkar merekomendasikan Nia Kurnia Dadang Naser. Sedangkan Sahrul Gunawan diusung oleh Nasdem.

Yena Iskandar M’asoem diusung oleh PDI P, memilih Atep sebagai balon wakil bupatinnya yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara Nia Kurnia Dadang Naser, yang juga istri Ketua DPD Golkar Dadang Naser berangkat dari Golkar, memilih balon wakilnya dari birokrat Usman Sayogi (yang mengundurkan diri dari Kepala Bapenda) diusung oleh Gerindra.

Golkar memang punya keleluasaan untuk memilih pasangan balon bupati dan wakilnnya walaupun tidak koalisi dengan partai lainnya, sabab kuota untuk syarat pasangan balon bupati.dan wakilnya kuotannya terpenuhi 11 korsi di DPRD.Kabupaten Bandung.

Sementara PKS dalam Pilkada selarang terpaksa tidak bisa mengusung balon bupati kader semdiri, padahal Gun Gun Gunawan (Wakil Bupati Bandung sekarang) merupakan kader yang dijagokan untuk jadi Bupat.Bandung, tetapi karena kurang satu.kursi, 10 korsi di DPRD, sedangkan rencana koalisi dengan Demokrat tidak jadi akhirnya tidak bisa mengusung kader sendiri, dan mendukung pasangan Dadang Supriatna -Sahrul.

Sesui tahapan, setelah ketiga pasangan balon mendaftar tanggal 6, 7 dan 8 September 2020 KPU melajukan penelitian kaabsahan syarat calon.

“Hari ini ada dua .kelompok berkas: Yang pertama i kelompok syarat pencalonan. Ini harus lengkap dan absah kalau mau ditarima setuluynnya. Yang kedua berkas syarat calon dan calon wakil bupati. Hari ini dibutuhkan lengkepna. Adapun kaabsahannya nanti diteliti oleh petugas administrasi tanggal 7-8 September,” kata Katua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya seusai menerima ketiga pasangan balon Bupati Bandung di kantor KPU, Jum’at (4/9/2020).

Agus Baroya belumn bisa memberi keterangan apa administrasi katilu pasang bakal calon sudah lengkalep atau belum

“Yang jelas salanjutnya untuk pasangan bakal calon yang memenuhi syarat pada tanggal 8-9 September harus dites kesehatan sesuai. regulasi di RS Hasan Sadikiin Bandung,” kata Agus Baroya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI