Kategori
dePraja

Melalui  PTSL 22.100 Bidang Tanah di Kabupaten Bandung Miliki Sertipikat

Dejurnal.com,Bandung – Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR )–Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab. Bandung, Hadiat Sondara Dana Saputra menyebutkan, sekitar 22.100 bidang tanah di Kab. Bandung tahun 2020 telah dilakukan pengukuran dan menjadi peta bidang. Secara pisik bidangan tersebut sudah 100 persen selesai.

“Jumlah tersebut tersebar di 11 desa di tiga kecamatan di Kab Bandung, yang selanjutnya akan dilakukan pemberkasan untuk diterbitkan sertipikat hak atas tanah,“ kata Hadiat ketika dihubungi melalui WA ( Whasapp) Senin (24/8/2020).

Hadiat menambahkan, dari jumlah bidang tanah tersebut diantaranya diproses haknya melalui program PTSL yang sekarang hampir rampung sekitar 70,70 persen pemberkasan data yuridis atau sekitar 12.839 bidang telah selesai dan siap untuk diserahkan kepada masyarakat.

Proses penerbitan sertipikat tanah adat di Kab. Bandung, kata Hadiat terus digenjot dan dipercepat untuk membantu memulihkan peningkatan perekonomian masyarakat. Namun kendala yang dialami untuk melaksanakan itu karena Pandemic Covid-19, sehingga petugas kami tidak bisa ke lapangan untuk mengumpulkan data yuridisnya.

Hadiat mengharapkan agar para kepala desa yang mendapatkan program PTSL dapat segera melengkapi persyaratan yang telah ditentukan, sampai akhir bulan Agustus 2020, dan bila tidak dapat terselesaikan dalam waktu tersebut maka penyelesaiannya akan terlambat.

Sejak kepemimpinan Hadiat Kantor ATR/ BPN banyak mengalami kemajuan terutama pelayanan kepada masyarakat, kendati dimasa pandemic Covid-19. Pemohon disediakan tempat tunggu di luar ruangan pelayanan, satu persatu pemohon dilakukan tes suhu yang sebelumnya harus cuci tangan dan tes suhu, ”Kami sediakan wastapel dan handsanitaiser sesuai dengan protokol Kesehatan,” tandasnya.

Beberapa pemohon mengatakan pelayanan di Kantor BPN Kab Bandung sangat memuaskan. Ketika melakukan permohonan balik nama yang waktunya cukup 3- 5 hari kerja sudah selesai dan dapat diambil di loket, ”Saya apresiasi buat BPN Kab Bandung dan dapat dicontoh untuk kantor lainnya,” kata Wawan warga Kecamatan Margahayu.*** Sopandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *