Kamis, 25 April 2024
BerandadeHumanitiOrang Pinggiran Wakili Petani Cihamerang Untuk Maju

Orang Pinggiran Wakili Petani Cihamerang Untuk Maju

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Orang Pinggiran (OP) adalah satu komunitas yang berperan sebagai wakil para petani yang berada di Desa Cihamerang Kecamatan Kebandungan.

Ketua Komunitas OP Dede Setiawan sekaligus merangkap sebagai penyandang dana talangan untuk kebutuhan para petani, yang didampingi Yatin sebagai sesepuh OP dan Iyan Munandar salah seorang ahli dalam OP dewan penasihat.

Menurutnya, anggota OP ada sekitar 100 orang, dan setiap satu minggu bisa mengumpulkan dana rereongan Rp 15 juta, dana tersebut dapat digunakan sebagai dana bergulir.

Salah seorang anggota OP yang bernama Uje yang sedang panen kacang panjang membenarkan dengan kehadiran OP di desanya dan justru menjadi kebanggaan karena OP bisa membantu petani kecil.

“Sebagai warga petani, saya berharap agar OP ada pengakuan oleh pemerintah desa bahkan bisa dilibatkan di Bumdes,” ujarnya.

Anggota OP terbagi dalam beberapa bagian, ada yang bertani, armada, juga para pengrajin peti untuk tomat, armada bertugas sebagai pengangkut hasil tani yang dikirim ke pasar.

OP bertujuan ke depan ingin menjadi koperasi tani yang ada di desa Cihamerang dan berharap kepada intansi terkait ada perhatian kepada OP sendiri.***Supardi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI