Kamis, 25 April 2024
BerandadeNewsWarga Garut Di Lima Kecamatan Dihimbau Tak Keluar Rumah

Warga Garut Di Lima Kecamatan Dihimbau Tak Keluar Rumah

Dejurnal.com, Garut – Setelah adanya satu warga Wanaraja Kabupaten Garut yang positif mengidap penyakit virus corona atau corona virus disease (Covid-19). Pemkab Garut memberi himbauan kepada warga yang tinggal di lima kecamatan untuk sementara tidak keluar rumah. Lima kecamatan yang dimaksud yaitu Kecamatan Wanaraja, Karangpawitan, Pangatikan, Sucinaraja, dan Banyuresmi.

Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, hal itu dilakukan untuk mencegahnya penyebaran virus korona jenis baru (SAR-CoV-2).

“Jangan dulu keluar rumah, perhatikan pasar. Dari lima kecamatan hampir semuanya belanja ke Pasar Wanaraja. Kita khawatir pasar jadi tempat penularan,” kata dia, Selasa (31/3/2020).

Menurut Helmi, warga di lima kecamatan itu secara geografis berdekatan dengan tempat tinggal pasien yang positif dan Pemkab Garut juga akan meliburkan Pasar Wanaraja pada 2-4 April. Hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

“Pasar akan disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan selama diliburkan dan selama penyemprotan itu tak boleh terbuka, takut kena makanan, bahaya. Makanya ditutup untuk putus mata rantai penyebaran,” katanya.

Helmi menyebut, pihaknya sudah melalukan pelacakan (tracing) kepada sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Sebanyak 28 orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien, sudah dilakukan rapid diagnostic test.

“Hasilnya, tak ada satu pun yang positif,” ujarnya.

Kendati demikian, 28 orang itu diminta untuk isolasi diri di rumahnya masing-masing selama 14 hari. Sebab, 28 orang itu saat ini berstatus dalam pemantauan.***Yo/Re

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI