Sering Berkeliaran Tak Karuan, Abah Ugan Terpaksa Dirantai

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Abah Ugan (85 Tahun) warga Kalapanunggal terpaksa dirantai keluarganya yang berdomisili di kp. Cijeruk Desa Nangkakoneng Kecamatan Cikidang. Pasalnya, Ugan kerap berkeliaran jauh dibarengi dengan perilaku yang terkadang mengkhatirkan dikarenakan usia dan ganguan pikiran yang dialaminya.

Menurut salah satu anak Abah Ugan, Ujang (50 tahun), bapaknya terpaksa dirantai ketika semua anggota keluarga beraktifitas.

“Kami khawatir bapak pergi tidak diketahui yang akhirnya akan merepotkan semua,” ujarnya saat ditemui dejurnal.com di rumahnya, Senin (20/4/2020).

Menurut Ujang pernah ada kejadian bapaknya ada di salah satu kebun dengan kondisi sudah menimbun diri dengan daun pisang, alasan itulah yang membuat kenapa harus dirantai.

“Kita pernah menempatkan di kamar tidak berhasil, ruangan kamar yang terbuat dari bilik dicabik-cabik,” ungkapnya.

Tapi dengan cara ini berhasil walaupun pada prinsipnya rantai yang dipakaikan ke Abah Ugan dikaitkan ke paku, artinya tak ada kekuatan sama sekali, namun cara “rantai” ini efektif membuat Abah Ugan tidak berkeliaran kesana kemari.

Ujang pun memaparkan, kondisional Abah Ugan seperti itu sudah hampir dua tahun lamanya, seiring dengan usia yang sudah mulai renta namun demikian Ujang mengakui bahwa Abah Ugan belum pernah diobati secara medis.

“Kalau secara KTP, Abah Ugan penduduk Kp. Legos Desa Kadununggal, pindah ke sini karena hanya saya anak yang mau ngurus diantara sebelas anaknya,” paparnya.

Hanya ketika semua anggota keluarga beraktifitas, ada yang ke kebun ke sawah ke sekolah, Abah Ugan terpaksa dirantai karena ditinggal sendirian.

“Kalau sudah pada pulang mah ya biasa saja, dirawat seperti biasa, karena bagaimanapun itu bapak sendiri,” pungkasnya.***TimDj

Lihat video :