PMI Karawang Kekurangan Stok Darah Di Tengah Wabah Covid-19

Dejurnal.com, Karawang – Dampak penyebaran covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) kekurangan pasokan stok darah. Jumlah pendonor minim, karena pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing.

Kabag Pelayanan Donor, Ade Iwan Drmawan mengatakan, untuk saat ini stock darah berkurang dampak penyebaran covid1-19. Pihaknya menyarankan bagi yang membutuhkan darah harus bawa donor pendamping dari keluarga atau saudaranya.

“Kita menerapkan sistem sosial distancing. Bagi yang donor ke kantor untuk antrian, nanti kita kasih jarak dan waktu pengambilan. Sebelum donor disarankan cuci tangan sampai lengan pake sabun,” jelasnya.

Lanjut Ade, sebelum masa pandemi covid-19, untuk setiap hari pendonor yang ke PMI sekitar 15 orang. Namun sekarang cuman beberapa orang saja yang donor darah. Bahkan untuk kegiatan mobil unit nya ke perusahaan atau intansi banyak yang di cancel.

“Pendonor darah di saat covid-19 ini banyak yang di undur waktunya menunggu keadaan sudah kondusif. Kita beberapa waktu lalu mendapat donor darah dari Polri, TNI dan Karang Taruna tetapi itu juga tidak bisa dijadikan stok darah di PMI, sebab ketika sudah datang habis lagi,” ungkapnya.***RiF