Pemdes Sukamanah Gunakan Dana Desa Tanggulangi Pandemi Covid-19

Dejurnal.com, Cianjur – Berdasarkan Peraturan Kementerian Desa (Permendes) bahwa Dana Desa dapat di gunakan untuk pembiayaan Pencegahan Penyebaran Pandemi COVID – 19 yang masuk ke dalam Perubahan APBDes yang disesuaikan dengan kebutuhan di desa masing – masing.

Pemdes Sukamanah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur tengah mempersiapkan sejumlah alat dan bahan yang akan di distribusikan kepada masyarakat melalui para Ketua RT dan RW yang ada di wilayah Desa. Sejumlah perangkat Desa yang di bantu para Satuan Tugas (SATGAS) Desa sebagai relawan tanggulangi Bencana di bawah garis komando Sekretaris Desa berdasarkan intruksi Kepala Desa dengan sigap siap laksanakan tugasnya menyebar ke seluruh wilayah yang ada di Desa tersebut.

Sekretaris Desa Sukamanah M. Rijal Abdilah, SE menerangkan dengan gambalang bahwa kaitan dengan keterbatasan anggaran yang di gunakan untuk kegiatan penangan penyebaran Covid ini yang anggarannya di ambil dari Dana Desa ( DD ) tahap satu tahun 2020.

“Mungkin kami selaku Pemerintahan Desa hanya bisa merealisasikan berupa alat semprotan disinfektan sebanyak 36 set yang akan kami bagikan ke RT masing – masing 1 set berikut satu jerigen cairan Disinfektan, terus 10 buah bak atau torn penampungan air untuk sepuluh masjid jamie juga 5000 pic masker serta hand sanitizer,” tuturnya.

Ditambahkan Sekdes, pihaknya pun di kantor Desa menyediakan tempat cuci tangan untuk semua tamu yang datang agar terlebih dahulu mencuci tangan sebelum masuk ruangan.

“Insya Alloh alat serta bahan tersebut akan segera kami distribusikan mulai hari besok karena untuk tahap berikutnya kami beserta perangkat desa lainya akan mempersiapkan pendataan kembali bagi masyarakat yang layak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sesuai anjuran Kemendes yang sumber Keuangannya masih dari Dana Desa,” tandasnya. ***Gun/Dns