DPMPD Purwakarta Rakor Mekanisme Penyaluran BLT Dana Desa

Dejurnal.com, Purwakarta – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta gelar rapat koordinasi dan sosialisasi mengenai Covid 19 dengan perwakilan para kepala desa mengenai mekanisme penyaluran Bantuan langsung Tunai (BLT) dan pencegahan penyebaran covid 19 dari anggaran Dana Desa (DD), Senin (20/4/2020).

Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo melalui Kabid Pemerintahan Desa, Hilman Nugraha kepada dejurnal,com mengatakan, Rapat koordinasi dengan perwakilan kepala desa dan pendamping kecamatan mengenai tekhnis penyaluran BLT dan pencegahan Covid 19 yang bersumber dari anggaran dana desa untuk masyarakat yang terkena dampak Covid 19 di Kabupaten Purwakarta.

Menurutnya, sesuai Peraturan kementrian Desa dan PDT No:6 tahun 2020 perubahan Permendes NO:11 tahun 2019,Tentang penggunaan desa bahwa sekarang prioritas penggunaan dana desa menjadi dua program, program pertama BLT dan program kedua tentang pencegahan covid 19.

Hilman Nugraha

Dengan adanya wabah Covid 19 menimbulkan dampak yang sangat luas, akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan baru adanya BLT melalui anggaran DD.

“Untuk kriteria masyarakat yang dapat BLT dari DD di data oleh relawan Covid 19 desa yang dapat surat tugas dari kepala desa dan yang belum terdata dari program PKH, prakerja dan bantuan lainya,” ucap Hilman.

Masih menurut Hilman, untuk Penerima BLT dengan melalui hasil musyawarah desa, yang di validasi oleh kepala desa dan di sahkan oleh camat dan di lakukan proses penyaluran untuk tiga bulan April, Mei dan Juni sebesar Rp 600.000 perkepala keluarga .

“Yang terpenting kita punya program dan niat yang baik di mulai dari langkah pendataan masyarakat yang kena dampak wabah Covid 19. Untuk mekanisme Dalam penyaluran BLT diserahkan ke desa masing masing dan harus tepat sasaran,” demikian Hilman.***Budi