Kamis, 25 April 2024
BerandadeNewsWabup : Hidup Bersih Upaya Mencegah Penularan Virus Corona

Wabup : Hidup Bersih Upaya Mencegah Penularan Virus Corona

Dejurnal.com, Karawang – Mewabahnya virus corona di sejumlah negara, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) menghimbau masyarakat agar senantiasa menjaga hidup bersih. Salah satunya dengan sering mencuci tangan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, termasuk virus corona.

“Soal menjaga kebersihan, Islam telah mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Misalnya dengan melakukan wudhu yang jumlahnya lima kali dalam sehari. Dan, wudhu ini sebagai bentuk langkah menjaga kebersihan untuk mencegah penularan,” kata Wabup Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari, Minggu(15/3/2020).

Ia menambahkan, aktifitas mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dimana salah satu tujuannya untuk menghindari kontak kuman atau infeksi dari tangan yang masuk dalam tubuh manusia.

Menurut Kang Jimmy, ketika seorang rutin berwudhu, selain untuk sholat lima waktu, maka dalam satu hari orang tersebut telah mencuci tangan dan anggota lainnya sebanyak lima kali bahkan lebih.

“Ini akan berpengaruh kebersihan diri apalagi saat wudhu dianjurkan berkumur-kumur dan membersihkan rongga hidung. Sehingga penularan bakteri atau virus melalui udara tentu akan melewati saluran nafas dan sangat mungkin bakteri atau virus banyak terdapat dilubang hidung atau mulut kita,” bebernya.

Selain menjaga kebersihan tubuh,masyarakat juga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungannya,

“Tak hanya tubuh ,kita juga harus perhatikan lingkungan kita. Kan kebersihan bagian dari iman ,” ucapnya.

Namun demikian ,Wabup meminta masyarakat untuk tidak panik berlebihan.

“Karena setiap penyakit ada obatnya. So, Masyarakat harus banyak bersholawat, banyak istighfar.” ujarnya.***RiF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI