Hj. Thoriqoh Sampaikan Pendidikan Gratis SMAN/ SMK Pada Reses II

Dejurnal.com, Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggratiskan pendidikan bagi SMA/ SMK mulai bulan Juni tahun 2020. Pendidikan grarts ini salah satu program dari 9 program yang akan dijalankan Ridwan Kamil, seperti apa yang menjadi janji kampanyenya.

Hal ini disampaikan anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Thoriqoh Nasrullah Fitriyah, S.T,.M.E.Sy saat Reses II Masa Sidang Tahun 2019-2020 di GOR Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Rabu (4/3/2020).

“Sekolah gratis bagi SMAN dan SMK ini baru berlaku antara bulan Juni Juli 2020. Jadi sekarang itu belum,” kata Thoriqoh.

Hj. Thoriqoh menambahkan, sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, ia bekewajiban mensosialisasikan program pembangunan Pemprov Jabar karena, program Pemprov juga direncanakan bersama-sama DPRD Provinsi.

“Di Provinsi Jawa Barat itu ada 27 kabupaten/ kota, yang baru Kabupaten Pangandaran. Jadi saya harus berkeliling ke tiap daerah untuk melihat bagaimana perbedaan kabupaten yang satu dengan yang lainnya, bagaimana bedanya banjir di Kabupaten Bandung dengan kabupaten lainnya, serta mensosialisasikan program Pemprov Jabar. Pada intinya tugas anggota DPRD Kabupaten dengan DPRD Provinsi sama, melakukan fungsi perencanaan, penganggaran dan pengawasan,” kata Thoriqoh.

APBD Provinsi Jawa Barat, lanjutnya, di tahun 2020 ini sebesar Rp 43 triliun. Dana tersebut ada dari pusat dan lain-lain. Sedangkan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 25 triliun.

Selain pendidikan gratis bagi SMA/ SMK Negeri, delapan program lainnya, terang Thoriqoh yaitu disentralisasi layanan kesehatan, pertumbuhan ekonomi umat berbasis inovasi, perkembangan informasi dan insfrastruktur pariwisata, pendidikan agama dan tempat ibadah juara, infra kolektifitas wilayah, gerakan membangun desa, golekmas, dan informasi pelayanan publik dan pemerintah daerah.***Sopandi