Kamis, 18 April 2024
BerandadeNewsDPMD Purwakarta Himbau Seluruh Kantor Desa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

DPMD Purwakarta Himbau Seluruh Kantor Desa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Dejurnal.com, Purwakarta – Guna mengantisipasi serta pencegahan penyebaran Virus Covid – 19 (Corona), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta bersama aparat kecamatan dan desa di Kecamatan Pasawahan, Puskesmas termasuk jajaran Babinsa dan Babinkamtibmas melaksanakan Penyemprotan Desinfektan ke fasilitas umum, tempat peribadatan dan kantor pemerintahan di wilayah tersebut, Rabu (18/3/2020).

Menurut Kepala DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo, pelaksanaaan penyemprotan ini adalah bagian dari upaya Pemkab Purwakarta untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dalan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Hari ini, kita turun ke lapangan bersama aparat Kecamatan dan Desa Pasawahan, Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas melaksanakan penyemprotan desinfektan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 sekaligus menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya,” ujar Jaya di Lokasi.

Selain itu, Jaya juga menghimbau kepada seluruh aparat desa di Kabupaten Purwakarta untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan di kantor dan tempat-tempat umum di wilayahnya masing-masing.

“Menindaklanjuti SE Bupati Purwakarta nomor 440/961/BKPSDM tanggal 16 maret 2020 tentang pelaksanaan Penyemprotan di Lingkungan Kantor dan sekolah, Kami menghimbau Aparat Desa untuk melaksanakan penyemprotan desinfektan secara berkala di Kantor, tempat ibadah, tempat fasilitas umum dan lain-lain dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata Jaya.

Sementara, perihal bahan cairan disinfektan yang digunakan, kata Jaya sangat mudah didapatkan. Bahkan bahan – bahan yang digunakan yang biasa terdapat dipasaran.

“Aparat desa atau masyarakat dapat secara mandiri membuat cairan disinfektan, hanya dengan mencampur air, karbol, bayclin dan cairan pengepel lantai dengan takaran tertentu, atau berkonsultasi dengan pihak Puskesmas,” jelasnya.

Senada dengan Kepala DPMD, Camat Pasawahan, Totong yang turut juga dalam kegiatan tersebut menegaskan telah menginstruksikan seluruh aparat desa diwilayahnya untuk menindaklanjuti surat edaran Bupati tersebut.

“Saya telah menginstruksikan seluruh aparat desa di Kecamatan Pasawahan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dan melaksanakan K3 di wilayahnya masing-masing,” demikian Totong.***Budi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI