Kamis, 18 April 2024
BerandadeNewsSri Rahayu : Kaum Disabilitas Harus Diberi Ruang Dalam Akses Pembangunan

Sri Rahayu : Kaum Disabilitas Harus Diberi Ruang Dalam Akses Pembangunan

Dejurnal.com, Karawang – Anggota DPRD Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina meminta penyandang disabilitas atau difabel ini diberikan kesempatan yang sama dalam berbagai hal, termasuk menyampaikan aspirasi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kecamatan hingga Kabupaten.

“Musrenbang seharusnya melibatkan organisasi perempuan dan anak dan idealnya perhimpunan penyandang disabilitas juga diundang. Mereka harus diberi kesempatan untuk menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah daerah serta harus didengar oleh pemerintah,” kata Sri Rahayu,

Politisi perempuan ini menegaskan penyandang disabilitas juga berharap diberikan akses kesempatan yang sama dalam hal pembangunan, sebab belum semua organisasi pemerintah bersedia menerima mereka dan tidak lagi ada diskriminasi kepada mereka khususnya dalam akses terhadap pekerjaan

“Anak-anak disabilitas agar diberikan hak sama dalam hal pendidikan dan pekerjaan sesuai skill dan potensinya yang dimiliki,” katanya.

Sri Rahayu menilai setiap Musrenbang, dari tahun ke tahun pola acaranya hanya talkshow, hal itu sudah tidak relevan lagi dan sebenanya tidak tepat sasaran.
Seharusnya lebih banyak menyerap aspirasi dari organisasi yang concern terhadap perempuan dan anak, apalagi terhadap penyandang disabilitas.

“Yang terpenting penyandang disabilitas bisa menginspirasi penyandang disabilitas lainnya untuk bisa mandiri dan bisa berbagi secara sosial, apabila aspirasi didengar dan direalisasikan,” imbuhnya.

Sebaiknya, kata Sri Rahayu, Musrenbang yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, mengundang berbagai organisasi yang menaungi penyandang disabilitas , organisasi yang menaunginperempuan dan anak , serta Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI).

“Urgensinya organisasi yang menaungi perempuan dan anak serta organasasi disabilitas dilibatkan, sehingga aspirasinya terserap, bukan diabaikan,” Tegasnya.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI