Jumat, 19 April 2024
BerandadeNewsEks Tanah KUD Diduga Dijual, Kades Sirnajaya Kabur Saat Ditemui

Eks Tanah KUD Diduga Dijual, Kades Sirnajaya Kabur Saat Ditemui

Dejurnal.com, Garut – Aset berupa tanah Koperasi Unit Desa (KUD) di Desa Sirnajaya sudah lama tidak terpakai dan terawat, akhirnya terendus oleh beberapa warga masyarakat adanya dugaan transaksi jual – beli dan pemindah tanganan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Bahkan yang lebih mencengangkan berdasarkan keterangan dari salah satu perangkat desa, tanah tersebut tidak pernah bayar pajak.

Informasi yang dihimpun dejurnal.com, aset tanah eks KUD seluas sekitar 602 meter persegi (setara 43 tumbak) yang terletak dinomor Peta Bidang 093 -93 teratas nama Dian Nugraha warga asal Bandung di jalan Cukangkawung Kampung Pasir Pogor RT.03/ RW.04 Desa Sirnajaya Kec.Tarogongkaler tersebut hampir sudah tiga kali pindah tangan, bahka tanah tersebut sudah tidak ada menunjukan plang teratas nama KUD dan bangunannya pun sudah tidak tampak, yang ada tinggal puing dan tulisan di salah satu tembok tanah ini dijual.

Salah satu Perangkat Desa Sirnajaya membenarkan adanya Eks Tanah Milik KUD dan menyatakan kondisi bangunan sudah tidak ada dan sudah lama tidak ada aktivitas KUD, bahkan dirinya mejelaskan bahwa tanah tersebut sudah dijual oleh orang Bandung dan pernah memita permohonan proses AJB.

“Dulu memang ada jaman Kades Pak Iwan orang Bandung meminta proses AJB dan pelepasan hak ke desa, dan lokasi tanah memang atas nama KUD kepada perseorangan,” Jelasnya kepada dejurnal.com.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tanah Eks KUD tersebut berdasarkan data di Desa berada di Nomor Peta Bidang terletak dengan Nomor. 093 – 93 teratas nama Dian Nugraha Asal Bandung yang terletak dan berlokasi di jalan Cukangkawung Kp. Pasir Pogor RT.03/ RW.04 Desa Sirnajaya Kec.Tarogongkaler Kab. Garut.

“Bahkan sampai saat ini tidak bayar pajak. Padahal tanah tersebut sudah Sertifikat,” Ungkapnya.

Kepala Desa Sirnajaya Kec.Tarogong Kaler, Odang, saat dihubungi melalui pesan jejaring sosial mempersilahkan untuk datang ke Kantor Desa Sirnajaya agar mendapat keterangan jelas dan berimbang.

“Silahkan ke sini, saya sedang di kantor desa,” ucapnya.

Namun saat dejurnal.com datang untuk menemui Kades Odang, yang bersangkutan malah sudah tidak ada di tempat dan terkesan menghindari tanpa pesan apapun, ada apa ini?***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI