Sabtu, 20 April 2024
BerandadeNewsBank Emok Seharusnya Tak Mesti Jadi Momok

Bank Emok Seharusnya Tak Mesti Jadi Momok

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Fenomena Bank Emok yang masih menjadi pro dan kontra, bahkan dianggap menjadi momok menakutkan di kalangan masyarakat, ternyata bagi Camat Bojong Genteng punya pandangan tersendiri terkait Bank Emok.

“Bank Emok itu kredit ultra mikro adalah solusi pemberdayaan masyarakat yang bertujuan mengentaskan kemiskinan yang ada di wilayah Kecamatan Bojong Genteng, dan itu mendorong kepada modal usaha masyarakat UMKM,” ujar Camat Bojong Genteng, Hj. Rini, seusai pertemuan dengan warga kecamatan Bojong Genteng membahas Bank Emok, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, bila dilihat tujuannya, Bank Emok ini bagus dengan memberikan pinjaman tanpa anggunan dan tanpa harus ribet dengan persyaratan admistrasi ketika mengajukan pinjaman ke pihak lain.

“Perlu adanya evaluasi sistem yang harus diperbaharui oleh perusahaan pinjaman itu sendiri yang menurut hemat saya untuk meminimalisir terjadinya tunggakan pada nasabah,” ujarnya.

Selain itu, Hj. Rini menegaskan, prilaku masyarakat harus dirubah jangan serta merta pinjam apabila tidak sanggup untuk membayar atau meminjam ke beberapa pinjaman yang akhirnya akan menyulitkan diri sendiri dan yang patut diwaspadai adalah renternir perorangan yang berkeliaran ke desa-desa atau wilayah kita karena mereka tidak memilki badan hukum yang jelas.

“Pertemuan yang dihasilkan tadi merupakan satu tingkat edukasi masyarakat agar lebih paham akan apa itu yang disebut sebagai Bank Emok,” pungkasnya.***Aldy/Budi Al Fajri

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI