Gunakan Drone Dishub Karawang Lakukan Rekayasa Lalin

Dejurnal.com, Karawang – Jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang lakukan rekayasa lalu lintas dengan Drone untuk memantau situasi kemacetan di wilayah perkotaan utamanya di sejumlah jalur protokol by pass Kertabumi dan jalan raya Lamaran serta jalan lainnya yang kerap terjadi kemacetan akibat padatnya kendaraan bermotor.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dishub Karawang Poltak Lumbantoruan SStp Msi kepada dejurnal.com, Jumat (18/10/2019) di halaman DPRD Karawang

Menurut Poltak, sejumlah langkah sudah dan sedang dilakukan dishub menurunkan 110 anggota yang disebar di sejumlah titik rawan kemacetan dari mulai Cikampek hingga Karawang Barat dan Tanjung Pura yang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi upaya terus dilakukan seperti pengaturan lalin di setiap trafic ligt dan tempat keramaian yang berpotensi terjadi kemacetan saat ini menggunakan fasilitas Drone agar lebih akurat untuk dapat merekayasa lalin.

“Terpantau di atas dan juga dapat di hitung jumlah kendaraan yang melintas, sehingga bisa dijadikan acuan Dishub untuk melakukan pembenahan pengaturan lalin,” Kata Poltak.

Ia juga menambahkan hasil evaluasi lalin dengan fasilitas drone sangat bermanfaat dan akurat sehingga dishub akan kembali menseting sejumlah lampu merah (trafic ligt) disejumlah titik rawan kemacetan dengan sistem tambah kurang durasi trafick light.

“Kemungkinan setelah di evakuasi kemacetan akan berkurang sehingga masyarakat pengendara pengguna jalan raya bisa menikmati perjalan dengan nyaman tanpa ada halangan yang berarti,” yambah poltak.***Rif