Rabu, 17 April 2024
BerandadeNewsDiklat Prajabatan CPNS Tenaga Honorer Dan Bidan PTT Digelar

Diklat Prajabatan CPNS Tenaga Honorer Dan Bidan PTT Digelar

Dejurnal.com, Karawang – Diklat Prajabatan CPNS Golongan II dan III yang diangkat dari Tenaga Honorer Kategori 2 dan Bidan PTT secara resmi dibuka oleh Bupati Karawang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Karawang pada hari senin (07/10/2019) bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Kompleks Pemda Karawang.

Diklat Prajabatan ini diikuti oleh 108 CPNS yang terdiri dari 61 Tenaga Pendidikan dan 47 Tenaga Kesehatan (dari Bidan PTT) dibagi ke dalam tiga angkatan, dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan 24 Oktober 2019. Pada Acara Pembukaan ini hadir Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang dan Asisten Administrasi Setda Kabupaten Karawang.

Asisten Administrasi, Drs. Haryanto, MM menyampaikan kepada para peserta Diklat Prajabatan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan aparatur, karena aparatur saat ini senantiasa dituntut untuk memiliki kecakapan, kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya, demi terciptanya pelayanan masyarakat secara adil dan konsisten sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

Hal tersebut tidak terlepas dari peranan birokrasi sebagai suatu sistem dengan tugas yang cukup luas dan kompleks, sehingga keberadaannya sangat diperlukan dalam pengendalian operasi manajemen pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris BPSDM Provinsi Jawa Barat, Ir. Pupun Saefunudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta Diklat Prajabatan CPNS disini merupakan bagian dari ASN yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Karawang yang harus ambil bagian dalam mewujudkan visi dan misi Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang, juga harus dapat menjadi agen of change atau agen perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ditegaskan olehnya, bahwa dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0. sebagai ASN dituntut untuk memiliki spesifikasi dan keahlian dan keterampilan yang memadai, karena arus perubahan dan perkembangan jaman yang begitu dinamis dan bertransformasi dengan sangat cepat membutuhkan kemampuan dan keahlian yang unggul.

Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang, H. Asep Aang Rahmatullah, S.STP, MP selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Prajabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang ini dilaksanakan dengan pola fasilitasi yang bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Jawa Barat dengan tahapan dan materi dalam pelaksanaan diklat antara lain Dinamika Kelompok, Wawasan Kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, Percepatan Pemberantasan Korupsi, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Pola Pikir ASN sebagai pelayanan masyarakat.

Diharapkan, selesai mengikuti Diklat Prajabatan ini, CPNS selaku pelayan masyarakat dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI