Optimalisasi Capaian Pembangunan Desa Ciparay

Dejurnal.com – Bandung

Desa Ciparay Kecamatan Ciparay pada tahun anggaran 2019 ini terus melakukan pembangunan baik pembangunan infrastruktur, pembangunan peningkatan kapasitas sumber daya manusia ( sdm ) maupun pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan di Desa Ciparay yang bersumber anggaran dari pemerintah Kabupaten Bandung, dalam hal ini Adpd tahap pertama di pergunakan untuk pembangunan jalan penghubung dari kantor desa Ciparay menuju gedung olahraga ( gor ) Ciparay. Ujar Sekertaris Desa Ciparay Rahmat , yang didampingi Ari Bahama selaku kasi perencanaan.

Masih menurut Rahmat, tidak itu saja , pemdes Ciparay juga mengalokasikan adpd tahap pertama tersebut untuk pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan BPD serta pembelian 10 unit komputer. “Komputer tersebut akan dipergunakan untuk program inovasi desa melalui perpustakaan desa yaitu mutiara ilmu Ciparay”. Ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan, sedangkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini dana desa tahap pertama dialokasikan pada pembangunan rabat beton jalan Desa/ Jalan Bojong – Parigi Kampung Bojong, sepanjang 210 meter dengan lebar 3 meter.

Diakhir pembicaraan Rahmat berharap, ” dengan adanya pembangunan rabat beton jalan Bojong Parigi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena akses jalan menjadi jalan yang mantap”.

Lebih lanjut Rahmat mengungkapkan, dengan adanya pembelian komputer ini diharapkan masyarakat di Desa Ciparay menjadi melek teknologi. Sedangdan bintek peningkatan kapasitas aparatur desa ini dapat meningkatkan sdm aparatur desa dalam rangka pengoftimalisasikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Pungkas Rahmat*****

Taryana Budiman