Karta Merah Putih Desa Cibeet, Dirikan Kampung Sejarah

Dejurnal.com – Bandung

Eksistensi Karang taruna Merah Putih Desa Cibeet Kecamatan Ibun patut mendapat afresisasi dari kita semua. Betapa tidak, saat ini karang taruna merah putih sedang menggelorakan nilai nilai perjuangan 1945 alias membangkitkan kembali jiwa nasionalisme para pemuda terhadap nilai nilai sejarah. Salah satu bentuknya adalah mendirikan kampung sejarah di RW 03.

Pendirian Kampung sejarah, didasari dari keprihatian pengurus karang taruna merah putih terhadap generasi muda yang kurang begitu peduli terhadap nilai nilai sejarah , ” mereka lebih mengenal tokoh piksi luar negeri seperti spiderman atau superman atau artis k-pop dibanding para pahlawan dan pejuang bangsa. Ujar Agus Suryana selaku Ketua Karang taruna Merah Putih Desa Cibeet.

Masih menurut Agus Suryana, Dalam Kampung sejarah tersebut akan dibuat bale sawala yang didalamnya ada pojok literasi. “Dimana nantinya ada perpustakaan yang menyediakan buku buku sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia dan buku buku tentang para pahlawan bangsa. Jelas Agus.

Lebih lanjut Agus menambahkan, selain mendirikan bale sawala, karang taruna Merah putih juga akan membuat mural ( lukisan ditembok ), lukisan atau gambar tersebut yaitu adalah para pahlawan bangsa Indonesia.

Agus mengungkapkan bahwa didirikannya kampung sejarah ini untuk menciptakan jiwa nasionalisme para pemuda/i. Dan jangan sekali sekali melupakan sejarah. Tegasnya.

Selain itu” berdirinya kampung sejarah ini sangat relevan sekali dengan program Pemkab Bandung dibawah pimpinan bupati Bandung Dadang M Nasser mengenai program 1000 kampung unggulan” Pungkas Agus.

Sementara itu ditempat terpisah Kades Cibeet Jumhaya S.Pd menyambut baik dan mengafresiasi dengan adanya program Karang taruna merah putih yang mendirikan kampung sejarah. Dirinya selaku kades sangat mendukung sekali dan siap membantu. Pungkasnya***

Taryana budiman