Desa Tanggulun Kecamatan Ibun Laksanakan Normalisasi Saluran Air

Dejurnal.com-Bandung,-

Untuk menanggulangi genangan air yang kerap melanda warganya, pemerintah Desa Tanggulun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan pemeliharaan lingkungan berupa pengerukan ( normalisasi ) saluran air / selokan di setiap lingkungan RW masing – masing.

Normalisasi saluran air tersebut dilaksanakan melalui program padat karya, dengan memperkerjakan lebih kurang 50 orang warga sekitar. Ujar Pjs Kades Tanggulun Suhud Rachman.

Suhud Rachman menuturkan “Dalam pelaksanaan normalisasi saluran air saat ini, pihaknya baru melaksanakan di 4 RW, sedangkan 3 RW lagi nanti menyusul di tahap 2 atau tahap 3″. Sedangkan sumber anggaran untuk pelaksanaan padat karya tersebut bersumber anggaran dari pemerintah pusat yaitu dana desa tahap pertama”. Ujar Suhud Rachman.

Lebih lanjut Suhud Rachman menambahkan, tidak hanya melakukan normalisasi saluran air / selokan saja, pihaknya juga saat ini sedang melaksanakan pemeliharaan jalan / pengecoran di RW 05 dan pembangunan Gedung PAUD dengan ukuran 6 x 8 meter di RW 06. Jelasnya.

Diakhir pembicaraan Suhud Rachman berharap dengan adanya normalisasi saluran air di Desa Tanggulun, wilayah tersebut tidak akan tergenangi oleh air pada waktu musim hujan tiba.

Sementara itu pendamping lokal desa ( pld ) Desa Tanggulun Ahmad Saeful Rahman berharap dengan adanya padat karya normalisasi saluran air tersebut, di musim kemarau ini tidak ada genangan air yang dapat menimbulkan penyakit. Dan menjelang musim penghujan saluran menjadi air lancar. Pungkasnya***

Taryana Budiman