Dengan Swadaya, Rumah Mak Emi Tak Rutilahu Lagi

Dejurnal.com, Garut – Warga dan Pemerintah Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja mengumpulkan dana swadaya untuk membantu Mak Emi, lansia sebatangkara yang tinggal di rumah tidak layak huni.

Tanpa banyak gaduh, warga dan pemerintah Desa membongkar rumah tidak layak huni di Kampung Barukai untuk dibangun kembali. Rumah milik jompo bernama Mak Emi ini akan dibangun kembali oleh warga secara swadaya dan gotong-royong, Jumat (12/7/2019).

Kepala Desa Sukamenak Kusmana menjelaskan bahwa antusias warga untuk membantu sesama cukup tinggi dan bukan hanya Warga Setempat Camat, TNI dan Polri pun ikut membantu dalam pembongkaran Rumah Mak Emi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu perbaikan rumah Mak Emi ini,” ujarnya.

Dengan prakarsai Tokoh Pemuda, Ketua RT dan RW, Donasi yang dikumpulkan dalam waktu beberapa hari sudah Cukup untuk membangun kembali rumah mak Emi yang selama ini tinggal digubuk 4×3 meter yang sudah tak layak.

“Usaha warga dengan prakarsa Tokoh Pemuda, RT, RW, luar biasa,” lanjut Kusmana

Bantuan Donasi Bukan hanya berupa Nominal Uang, Material Bahan bangunan pun banyak yang menyumbang untuk membangun rumah Mak Emi lebih layak.

“Rumah tersebut akan dibangun Semi Permanen. Apresiasi tinggi atas peran masyarakat yang telah membantu tugas pemerintah dalam rangka program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni,” pungkasnya.***Red