Jalan Tembus Genteng – Cihonje Dapat Tingkatkan IPM

Dejurnal.com – Bandung

Pemerintah Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay melaksanakan loncing atau pembukaan jalan tembus Genteng Desa Bumiwangi menuju Cihonje Desa Mekarlaksana, jalan tersebut panjangnya 1200 meter dan lebar 7 meter. Pembukaan jalan tembus tersebut dilaksanakan pada, Minggu pagi ( 21/7/2019 ).

Dalam loncing jalan tembus tersebut turut hadir camat Ciparay Yusup Supriatna S.Ag , M.Si, Kanit Pol PP Kecamatan Ciparay, perwakilan dari PT Artha Graha TBK, perwakilan PT Bumiwangi Lestari, tokoh masyarakat Bumiwangi dan masyarakat sekitar.

Kepala desa Bumiwangi Drs Rudiya Trisanjaya mengatakan dalam pembuatan jalan tembus Genteng – Cihonje ini, tanahnya merupakan hibah dari pak Bambang dan hibah dari sebagian warga Genteng Desa Bumiwangi.

Masih menurut Drs Rudiya Trisanjaya , dalam pelaksanaan pembangunan jalan tembus tersebut, PT Artha Graha TBK yang telah memberikan akses jalan masuk menuju lokasi pembuatan jalan Genteng – Cihonje, serta memberikan pencerahan luar biasa terhadap lingkungan hidup khususnya di area pembibitan Beko Desa Bumiwangi. Sedangkan PT Bumiwangi Lestari memberikan dukungan berupa pengadaan alat berat Excavator PC 75 sebagai Pelopor Pembuka Jalan. Tambahnya.

Kepala Desa Bumiwangi mengungkapkan ada beberapa tujuan dari pembuatan jalan tembus tersebut yaitu yang pertama adalah mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat setempat yaitu warga Kampung Genteng dan Kampung Cihonje, serta di kedua desa yaitu desa Bumiwangi dan desa Mekarlaksana. Yang Kedua adalah penataan lingkungan , melindungi tanaman, flora dan fauna, serta kearifan lokal warga genteng . Sehingga seberapa besar dampak / aktifitas pembangunan infrafstruktur kita , tetap mengutamakan hak hak lingkungan hidup harus tetap terjaga terutama air. Jelasnya

Sedangkan yang ketiga adalah adanya peningkatan kesejahteraan khususnya di bidang pertanian dan perkebunan. “Untuk konsep pertanian sepenuhnya akan diserahkan kepada para petani, para penggarap dan para pemilik tanah adat, karena semua area disini adalah milik mereka, Desa dan pemerintah hanya memfasilitasi, memberikan hak masyarakat yaitu infrastruktur jalan sehingga dapat memudakan akses.” Papar Kades Bumiwangi.

Diakhir pembicaraan Kades Bumiwangi Drs Rudiya Trisanjaya berharap kedepannya, ” mudah mudahan dengan terwujudnya jalan tembus Genteng – Cihonje, dari pendapatan ekonomi masyarakat dapat meningkat, jenjang pendidikan masyarakat Genteng dan sekitarnya menjadi tinggi karena akses jalan menuju sekolah menjadi cepat. Dan yang terakhir adanya destinasi wisata alam yang berbasis lingkungan. Pungkasnya

Sementara itu camat Ciparay Yusup Supriatna S.Ag, M.Si menyambut baik dengan adanya pembuatan jalan tembus Genteng – Cihonje ini. Menurutnya dapat meningkatkan IPM di kedua wilayah, baik itu bidang ekonomi maupun pendidikan.

Hal senada di sampaikan Deni Kuswandi SH, menurutnya dengan adanya jalan tembus tersebut, hasil pertanian dan perkebunan masyarakat menjadi cepat di distribusikan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Tutupnya****

Taryana Budiman