Camat Paseh Lantik Panwas Pilkades

Dejurnal.com-Bandung

Camat Paseh Drs Komarudin melantik dan mengambil sumpah panitia pengawas dalam pemilihan kepala desa serentak tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula ruang rapat Kantor Kecamatan Paseh, Kamis (4/7/2019).

Dalam sambutannya Camat Paseh Drs Komarudin mengatakan, tugas dari panitia pengawas adalah mengawasi secara aktif semua tahapan penyenggaraan pilkades, menerima laporan pelanggaran peraturan perundang undangan yang berkaitan dengan pilkades, menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pilkades, dan meneruskan temuan dan laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwenang.

Sedangkan kewajiban panwas kecamatan adalah memperlakukan calon kades secara adil dan setara, menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pilkades, mengawasi secara aktif semua tahapan penyelenggaraan pilkades, meneruskan temuan dan laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwenang , serta menyampaikan laporan secara tertulis kepada camat atas pelaksanaan tahapan pemilihan. Ujarnya.

Camat Paseh Drs Komarudin memaparkan bahwa setiap pelaksanaan pemilihan baik itu pilkades Cipaku tahun 2017, Pilgub Jabar tahun 2018, Pileg dan pilpres tahun 2019 selalu berjalan dengan aman lancar dan sukses tanpa ekses. Hal ini dikarenakan warga masyarakat kecamatan Paseh selalu proaktip dalam mendukung setiap pesta demokrasi, dan ini tidak terlepas dari pilosopi Kabupaten Bandung yaitu sabilulungan. Ujarnya

Diakhir sambutannya Camat Paseh Drs Komarudin berharap panitia pengawas bisa melaksanakan tugasnya, selain itu dalam pelaksanaan pilkades itu bisa tercipta dengan aman , lancar dan damai serta sukses tanpa ekses.

Ketua panwas Kecamatan, Anwar Samsudin SA.g , mengatakan , “ini merupakan tugas berat bagi panitia pengawas. Pihaknya selalu panwas terus mengawasi setiap tahapan pilkades.

Anwar berharap kepada seluruh masyarakat maupun calon kepala desa , kalau ada ada kejanggalan dalam tahapan pilkades , jangan disebarluaskan, tetapi harus selalu dikomunikasikan dengan panwas.

Sedangkan Danramil paseh kapten inf Asep Sukanda berharap dalam pilkades in tanpa ada gejolak gejolak yang tidak diinginkan.***

Taryana Budiman