TPT Jadi Prioritas Utama Pembangunan Di Desa Karangtunggal

Dejurnal.com – Bandung

Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh merupakan Desa yang paling ujung di Kecamatan Paseh serta berbatasan dengan Kabupaten Garut. Daerah tersebut mempunyai wilayah yang hampir seluruhnya berada di daerah dataran tinggi. Dengan kondisi wilayah yang seperti itu, pemerintah Desa Karangtunggal terus berbenah diri melakukan pembangunan infraktur wilayah, salah satunya pelaksanaan pembangunan tembok penahan tanah ( tpt ).

Tahun anggaran 2019 ini Pemerintah Desa Karangtunggal melaksanakan pembangunan bersumber anggaran dari APBN ( dana desa ) tahap 1 ( 20%) yaitu pembangunan tpt di RW 1, RW 3 dan RW 6 Kampumg Pasir Panjang serta di RW 7 Kampung Salamungkal. Ujar Pjs kades Karangtunggal Taryana S.Ip .

Tidak itu saja, Lanjut Taryana, Pemdes Karangtunggal juga telah melaksanakan pembangunan yang bersumber anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Adpd Tahap 1, yaitu pembangunan tpt di RW 3 dan RW 4 Kampung Pasir Panjang dan rabat beton di RW 2 Kampung Pasir Panjang.

Pembangunan tpt diwilayahnya merupakan program yang menjadi prioritas utama, hal tersebut berdasarkan rkp Desa Karangtunggal, hal ini dikarenakan wilayah Karangnunggal daerah yang rawan longsor apabila musim hujan tiba. Ungkap Taryana. “Sedangkan ketinggian pembangunan TPT tersebut rata rata lebih kurang 2 meter.” Tambahnya

Pembangunan di Desa Karangtunggal dilaksanakan oleh lpmd dan tpkd bersama sama masyarakat, Alhamdulillah warga disini sangat proaktif dalam mendukung pembangunan” Tutur Taryana.***

Taryana Budiman