SMAN Kertasari Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Dejurnal.com-Bandung

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2019 tingkat SMAN Kertasari dilaksanakan di kampus SMAN Kertasari Jalan raya Ciparay- Pacet, Sabtu, 1 Juni 2019.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah kepala SMAN Kertasari Drs Iwan Kurniawan sedangkan para peserta upacaranya adalah seluruh siswa, para pengajar SMAN Kertasari dan stap tata usaha.

Dalam sambutannya Drs Iwan Kurniawan mengatakan pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang asas asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tenteram serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kita juga harus mengetahui dan memahami sejarah Pancasila agar kita selalu menghargai dan menjungjung tinggi nilai nilai pancasila.

Lebih lanjut Drs Iwan Kurniawan mengatakan pancasila sendiri berasal dari bahasa sangsakerta yaitu panca yang berarti lima dan sila berarti azas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman untuk seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila juga dapat diartikan sebagai lima dasar terbentuknya negara. Istilah pancasila termuat dalam kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Tutupnya***

Taryana Budiman