Satpol PP Kecamatan Ibun Sosialisakan Penanggulangan Bencana Alam

Dejurnal.com – Bandung,-

Sekitar 90 anggota linmas dari 12 desa di Kecamatan Ibun mengikuti sosialisasi penanggulangan bencana alam. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula ruang rapat Kecamatan Ibun, Jumat ( 28/6/2019).

Kepala unit satpol PP Kecamatan Ibun H. Engkon S.Pd mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar linmas yang ada di kecamatan mampu mengantisipasi bencana, baik itu bencana kebakaran rumah, bencana kebakaran hutan, bencana banjir maupun bencana tanah longsor.

Masih menurut H. Engkon S.Pd , linmas di kecamatan Ibun harus mampu mengantisipasi bencana sejak dini yaitu dengan mensosialisikan dan menghimbau kepada masyarakat. Salah satu himbauannya yaitu pada musim kemarau ini jangan membuat api unggun dan membuang rokok di hutan. Sedangkan di lingkungan masyarakat, linmas menghimbaud jangan meninggalkan kompor gas sewaktu menyala, dan mematikan listrik apabila tidak diperlukan. Paparnya.

Lebih lanjut H. Engkon menambahkan bahwa linmas merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana karena linmas sangat dekat sekali dengan masyarakat. Dan kalau terjadi sesuatu bencana di masyarakat pasti linmas yang pertama kali di beritahukan sebelum ke pemerintahan desa maupun kecamatan. “Dan linmas merupakan tumpuan satu satunya di masyarakat, karena masyarakat menganggap linmas itu mampu, mau dan bisa serta tumpuan dalam menanggulanginya, Jelasnya

H. Engkon S.Pd berharap agar dengan adanya sosialisasi ini tidak ada lagi bencana di Kecamatan Ibun, selain itu dengan kegiatan ini linmas di kecamatan Ibun mampu menjadi linmas yang terampil.

Sementara itu kasi metigasi dan penanggulangan bencana Cecep menegaskan bahwa linmas di Kecamatan Ibun harus mampu mendeteksi dan menanggulangi bencana sejak dini yaitu memberikan berbagai himbauan kepada masyarakat***

Taryana Budiman