Penanganan Kasus Dugaan Penyimpangan Program Bekerja, Ketua AJK : Jangan Ada Intervensi dan Main Beking!

Dejurnal.com Karawang – Bergulirnya kasus dugaan penyimpangan anggaran penyaluran program Bekerja dalam pembuatan kandang Ayam di Kecamata Lemah Abang, Karawang kian meruncing. Setelah sebelumnya Asosiasi Jurnalis Karawang(AJK) melaporkan dugaan kasus tersebut kepada Saber Pungli, Karawang.

Sejauh ini, menurut Ketua AJK H. Entang saat ditemui di Pemda Karawang, Kamis (13/06/2019), menyayangkan lambannya proses penyelidikan tim Saber Pungli.

“Saya rasa kurang tanggapnya penanganan tim Saber Pungli dalam kasus ini, sehingga persoalanya bias. Pantaun kami, Tim Saber Pungli hanya sebatas melakukan klarifikasi secara personal, komunikasi by phone dan pemanggilan non formil terhadap para Kades. Sehingga para Kepala Desa yang dilaporkan melakukan melakukan penyunatan anggaran merasa sudah beres. Bahkan kabarnya sekertaris Apdesi Karawang, Alek Sukardi intervensi dalam proses penyelidikan yang dilakukan Saber Pungli, seolah menjadi beking Kades yang bermasalah. Alek Sukardi dengan membawa lembaga Apdesi, mencampuri urusan personal Kades, bahkan ketika dicoba dihubungi melalui sambungan selulernya, Alek tidak merespon,” Paparnya.

Ia juga mengatakan para Kades yang terlibat dalam dugaan kasus ini sekarang bungkam.

“Saat wartawan hendak melakukan konfirmasi kaitan persoalan ini, Kades yang ada di Lemah Abang semua tutup mulut dan menyebut persoalan ini sudah di tangani pak Alek Sukardi,” Ujar Entang menirukan statment para Kades.

Saat ini persoalannya masih ditangani Tim Saber Pungli, Karawang. Kami meminta untuk segera mengambil langkah Hukum agar ada kepastian,jangan sampai muncul persepsi negatif di Masyarakat terhadap penanganan atas Pengaduanya yang hanya sebatas “Main mata”. Jika tidak ada kepastian, Kamipun tidak akan segan melaporkan Dugaan ini ke tingkat yang lebih tinggi” Pungkas H. Entang.***Her Aziz