Momen Halal Bihalal Pokdar Kamtibmas Majalaya, Jadi Ajang Anev dan Koorkom

Dejurnal.com, Bandung –

Cakra Pokdar Kamtibmas Korsek Majalaya melaksanakan kegiatan halal bihalal Idul Fitri 1440 H yang dilangsungkan di Kampung Gugunungan RT 02 / RW 02 Desa Neglasari Kecamatan Majalaya, Minggu ( 16/6/2019 ).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua umum Cakra Pokdar Kamtibmas Jawabarat Tubagus Doni Rasmayu Ningrat , kanit Binmas Polsek Majalaya Ipda D. Sopandi, Babinkamtibmas Desa Neglasari Bripka Arie , ketua umum Pokdar Kamtibmas Korsek Majalaya Asep Basari serta seluruh anggota Pokdar Kamtibmas Majalaya.

Seusai kegiatan, Tubagus Doni Rasmayu Ningrat mengatakan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi , komunikasi dan koordinasi , sekaligus sebagai ajang analisis evaluasi kegiatan selama satu tahun.

Masih menurut Tubagus Doni Rasmayu Ningrat , Pokdar Kamtibmas adalah sebuah kelompok masyarakat dimana anggota nya berusaha untuk membangun kesadaran kamtibmas di masyarakat. “Baik itu membangun kesadaran berlalu lintas, kesadaran untuk mematuhi penegakan hukum dan peraturan – peraturan. Dan intinya pokdar kamtibmas bersama kepolisian untuk menjaga keamanan di masyarakat / membantu tugas tugas kepolisian Negara Republik Indonesia. Ujarnya

Tubagus Doni Rasmayu Ningrat menambahkan kelebihan lain dari pokdar kamtibmas yaitu bisa melaksanakan operasional pengamanan, pengawalan , pengaturan lalu lintas dan patroli.

Tubagus Doni Rasmayu Ningrat mengungkapkan , Pokdar kamtibmas, secara nasional berdiri tahun 2005, berdasarkan skep kapolri nomor 831/XI/2005. Sedangkan untuk Jawabarat baru berdiri 5 tahun yang lalu, karena di Jawa barat terlebih dahulu mendirikan dulu FKPM.

” Dijawabarat sendiri sudah 19 Kabupaten / Kota yang telah membentuk Pokdar kamtibmas. Tambahnya

Diakhir pembicaraan Tubagus Doni Rasmayu Ningrat berharap seluruh anggota Cakra Pokdar Kamtibmas, yang pertama bisa membangun kemitraan dengan kepolisian dalam membangun kesadaran kamtibmas, yang kedua bisa menolak berita berita yang mengandung unsur kebohongan / hoaks, yang ketiga menjaga citra kepolisian dan yang keempat bisa membangun kemitraan dengan kewilayahan.

Sementara itu Asep Basari mengatakan Pokdar Kamtibmas korsek Majalaya berdiri 2 tahun yang lalu dan merupakan binaan dari Polrestabes Bandung. Saat ini pihaknya baru mempunyai 50 anggota. Ujarnya

Lebih lanjut Asep Basari menambahkan Pokdar Kamtibmas koorsek Majalaya bersama anggota kepolisian sering melakukan patroli di wilayah daerah pemilihan 5. Selain itu pihaknya juga ikut serta dalam program sosial dan lingkungan. Salah satunya adalah penanaman pohon di Curug Madi Kamojang Ibun dan ikut serta pemasangan kasur keselamatan di Jalan Kamojang Ibun. Tutupnya****

Taryana Budiman