Disparbud Garut Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Dejurnal.com, Garut – Untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang pariwisata utamanya pelaku usaha menengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menggelar kegiatan pelatihan manajemen homestay (pondok wisata) di Fave Hotel, Rabu (19/6/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Garut Rudy Gunawan yang diikuti oleh sekitar 100 orang pelaku wisata yang memiliki atau mengelola pondok wisata di Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa pariwisata saat ini sudah menjadi industri sehingga kualitas pelayanan dalam sektor pariwisata menjadi skala prioritas yang harus diperhatikan.

“Dalam dunia pariwisata, kita harus mampu membuat para wisatawan itu nyaman dan tentu harus bisa membuat mereka kembali,” ujarnya.

Bupati juga mengingatkan kepada para peserta pelatihan manajemen homestay agar kebersihan pondok dari mulai lingkungan serta tempat tidur dan kamar mandi harus sangat diperhatikan.

“Karena jika pondok tidak nyaman membuat pengunjung kapok dan tak ingin kembali,” tandasnya.

Pasca memberikan sambutan, kepada dejurnal.com Bupati memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Disparbud Garut.

“Saya apresiasi, ini kegiatan pertama kali dan sangat bagus untuk menunjang sektor pariwisata,” ujarnya.

Sasarannya pun, lanjut Bupati, para wisatawan menengah yang datang ke Garut namun tetap bisa mondok dan nginap dengan nyaman.

“Ya untuk wisatawan yang pas pasan lah, namun bisa nginap dengan nyaman jika manajemen pondokannya bagus, makanya kegiatan pelatihan ini bagus, bagus,” pungkasnya.***Rachmanesha/Yohanes