Air PDAM Tirta Intan Tak Mengalir, Pelayanan Puskesmas Terganggu

Dejurnal.com, Garut – Pelayanan publik Puskesmas Campaka terganggu akibat debit pasokan air PDAM Tirta Intan sudah beberapa hari, dampak tersebut sangat terasa pada pelayanan persalinan beberapa pasien yang rencana dan melahirkan terpaksa balik kanan dan di rujuk ke RSUD.

Pantauan dejurnal.com di lapangan sejak seminggu ini dari 17 – 24/06/2019 Puskesmas ini sudah melayani 10 orang pasien inap yang melahirkan diantaranya dua pasien dirujuk dan satu pasien semua itu disebabkan ketidak tersediaan air bersih yang di kelola oleh PDAM Tirta Intan milik Pemda Kab. Garut.

“Kondosi air ini sudah beberapa hari tidak mengalir, kalau pun mengalir di waktu malam hari itu kecil sebesar jari kelingking dan sampai pagi tidak ada, akhirnya para pasien ada yang dirujuk dan di pulangkan,” ungkap Desti Eka Bidan Persalinan Puskesmas Campaka.

Sementara menurut Kapus Campaka, kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan pasien.

“Saya mohon PDAM segera menyelesaikan permasalahan ini,” jelasnya.

Ketika dejurnal.com mendatangi PDAM unit Campaka Karangpawitan, Kepala Unit Tito Sucipto tidak berada di tempat begitu pun Kasi Budi.

“Maaf Pak Kepala dan Pak Kasi nggak kesini, jarang ngantor, kalau datang hanya sebentar, dan saat ini maaf kondisi mesin pompa rusak , debit air kecil dari pusatnya,” jelas salah satu staf PDAM Unit Campaka.

Bobroknya pengelolaan PDAM Tirta Intan milik Pemda Kabupaten Garut ternyata belum ada perubahan. Kondisi ini begitu gamblang disampaikan dalam Pandangan Fraksi Demokrat dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut.*** Yohaness