Status Desa Laksana Kecamatan Ibun Berubah

Dejurnal.com – Bandung

Desa Laksana Kecamatan Ibun berubah statusnya dari Desa berkembang menjadi Desa Maju. Hal tersebut telah dilakukan peniaian berdasarkan indexs desa membangun ( IDM ) yang sesuai dengan standart operasi prosedur pemutahiran status perkembangan desa. Ujar Sekdes Laksana Rohman yang didampingi Galih Rustandi, Dikantornya, Kamis ( 23/5/3019 ).

Masih menurut Rohman, dalam penilaian tersebut ada 719 indikator yang harus di isi dengan akurat. Dari 719 indikator tersebut, penilaiannya di bagi 3 indek komponen yaitu indeks komponen sosial, indeks komponen ekonomi dan indeks komponen lingkungan. Ujarnya

Lebih lanjut Rohman menambahkan berubahnya status desa Laksana dari berkembang menjadi maju dikarenakan adanya kesinambungan pembangunan baik ekonomi, lingkungan maupun sosial.

Diakhir pembicaraan Rohman mengungkapkan bahwa pemutahiran status perkembangan desa merupakan program dari kementrian pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia.

Sementara itu pendamping lokal desa Laksana Asep Saepul Rahman mengafresiasi dengan adanya perubahan status desa. Menurutnya ini akan meningkatkan kepada bantuan keuangan dari Pemerintah pusat kepada Desa Laksana.

Masih menurut Asep Saepul Rahman yang biasa di panggil kang Ucup, “IDM juga untuk menentukan arah perencanaan dan kebijakan seorang Kepala Desa.

Lebih lanjut Asep Saepul Rahman menambahkan dengan adanya perubahan status tersebut, akan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan akan membantu pemerintah dalam merencanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desa lebih baik.

Kang Ucup mengungkapkan dirinya selaku pendamping lokal desa ( pld ) selalu aktif mendampingi desa binaanya yaitu Desa Laksana, sekaligus penginput data IDM Pungkasnya***

Taryana Budiman