Desa Sukamantri Bangun Kampung KB Dan Rutilahu

Dejurnal.com – Bandung

Desa Sukamantri Kecamatan Paseh pada tahun anggaran 2019 ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan wilayah, yang bersumber anggaran dari alokasi dana perimbangan desa ( adpd ) tahap 1.

Bidang pembangunan yang sedang dilaksanakan saat ini adalah kampung KB di RW 13 dan RW 15, serta pembangunan rumah tidak layak huni ( rtlh ) di RW 16. Ujar Drs Jaja Surjana selaku pejabat sementara kepala desa Sukamantri.

Masih menurut Drs Jaja Surjana pembangunan 2 unit kampung KB dan rutilahu tersebut dilaksanakan oleh lembaga desa ( lpmd ) dan tpkd serta dibantu masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Drs Jaja Surjana mengatakan, pembangunan kampung KB tersebut sangat relevan sekali dengan program Bupati Bandung Dadang M Nasser yaitu program 1000 kampung unggulan.

Baca :   E-Warong di Sukamantri Sebut Ada Setoran Rp 1000/KPM Pada Progam BPNT, Buat Tikor Kecamatan?

“Dimana setiap desa Dikabupaten Bandung wajib mempunyai kampung unggulan dengan ciri khas, unik , menarik dan berbeda dengan wilayah lainnya”. Tambahnnya

“Di pilihnya Kampung KB di RW 13 dan 15, dikarenakan di kedua wilayah tersebut masyarakatnya aktif dengan program KB. keluarga berencana ( KB ) merupakan program dari pemerintah pusat dari sejak dulu. Ungkap Drs Jaja Surjana.

Sedangkan pembangunan rutiahu di RW 16 bertujuan untuk meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu, terhadap kebutuhan papan. Ungkapnya.

Selain dari pembangunan kampung KB dan rutilahu, lanjut Drs Jaja Surjana, ” pihaknya juga saat ini sedang melaksanakan pembangunan saluran air bersih yang mempunyai dua fungsi yaitu untuk memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan air bersih yang dapat di minum.

Baca :   Terkait Ada Setoran BPNT Rp 1.000/KPM Buat Tikor Kecamatan, TKSK Sukamantri Angkat Bicara

Sedangkan fungsi yang kedua adalah agro bisnis untuk pengembangan sektor pariwisata. Hal tersebut merupakan implementasi dari program Bupati Bandung Dadang M Nasser yaitu pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bandung. Pungkasnya***

Taryana Budiman