Desa Dukuh Kecamatan Ibun Optimalkan Pembangunan

Dejurnal.com – Bandung

Desa Dukuh Kecamatan Ibun saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan wilayah yang bersumber anggaran dari alokasi dana perimbangan desa ( adpd ) Kabupaten Bandung tahap pertama.

Pejabat sementara kepala desa Dukuh Engkus Kusnadi mengatakan saat ini pihaknya sedang menggarap pembangunan MCK ( mandi cuci kakus ) sebanyak 2 unit yaitu di RT 01 / RW 10 dan RT 02 / 10.

” Dalam pelaksanaan pembangunan MCK di Desa Dukuh , dilaksanakan oleh lembaga desa yaitu LPMD yang dibantu TPKD dan warga sekitar”. Tutur Engkus.

Engkus Kusnadi mengungkapkan pembangunan MCK tersebut sangat relevan sekali dengan program dari Pemerintah Kabupaten Bandung yaitu Raksa Desa Sabilulungan. Raksa sendiri merupakan singkatan dari rumah, air , kakus, sampah dan alam. Tambahnya.

Lebih lanjut Engkus menambahkan pembuatan MCK tersebut bertujuan agar warga masyarakat tidak membuang hajat nya sembarangan, sehingga akan menimbulkan pola hidup sehat di masyarakat.

Diakhir pembicaraan Engkus berharap kedepan, apabila MCK tersebut telah selesai masyarakat sekitarnya harus selalu menjaga kebersihannya. Pungkasnya***

Taryana Budiman