FORDASI, AMCF serta Pemdes Cimaragas Gelar Khitanan Masal

Dejurnal.com, Garut –  Forum Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Fordasi), AMCF bersama Desa Cimaragas menggelar acara khitanan masal se-Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut pada hari sabtu (29/09) dengan peserta khitana masal sebanyak 35 anak.

Menurut Kepala Desa Cimaragas, Suherman, pihaknya baru pertama kali mengadakan acara khitanan masal ini se-Kecamatan Pangatikan, tetapi kedepannya akan menjadi agenda tahunan secara bergilir ditiap Desa se-Kecamatan Pangatikan.

“Untuk FORDASI dan AMCF sudah merupakan agenda tahunan dengan hasil lomba ataupun kegiatan mereka, dan hasilnya disalurkan dengan kegiatan khitanan masal dan tahun ini dilaksanakan disini”, jelasnya.

Rasa syukur kami ucapkan karena dengan persiapan singkat acara khitanan ini sukses dilaksanakan, dari mulai paway delman, marawis, yang dilaksanakan kemarin sampai hari ini sebagai puncak acara dengan hiburan pencak silat, dan malamnya tabligh akbar.

Mengenai peserta khitan ada 35 anak dari setiap Desa se-Kecamatan Pangatikan, peserta dari semua kalangan dan juga tidak dibatasi umurnya, antusias dan dukungan masyarakat pun sangat luar biasa dengan kegiatan ini, imbuhnya, peserta khitan diberikan kenang kenangan berupa seperangkat baju koko dan makanan berupa bakakak ayam”, dan mengenai uang dari hasil yang melayat (ceuceup – red) akan dihitung dan dibagikan merata kesemua peserta khitan setelah kegiatan selesai.

Ia berharap, dengan antusias masyarakat seperti ini, mudah mudahan kegiatan ini ditahun depan bisa lebih gebyar, lebih baik dan peserta nya pun lebih banyak lagi, dan tak lupa berharap dukungan dari pemerintah.

Acara khitanan massal ini dibuka oleh sambutan Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut dan ditutup dengan  tabligh akbar.***

DAYAT