DPP LSM Penjara Tentukan Program Kerja di Rakernas

    Dejurnal.com, Ciamis – Untuk menentukan program kerja jangka panjang yang lebih terkonsep agar dapat dilaksanakan secara komprehensif, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM Penjara) mengadakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (rakernas) secara Nasional pada tahun 2018 ini, yang diikuti oleh seluruh kader LSM Penjara se-Indonesia. Dimana acara tersebut berlangsung di Aula Sekretariat DPP LSM Penjara di Ciamis Jawa Barat, selasa 11 September 2018.

    Ketua Umum DPP LSM Penjara, Agung Setiawan, menjelaskan acara kegiatan rakernas tersebut selalu dilaksanakan setiap tahun.

    “Kami melaksanakan kegiatan Rapat Kerja ini tiap tahun, yang diikuti oleh seluruh jajaran kepengurusan LSM Penjara se-Indonesia,” terangnya, Selasa (11/09/18).

    Dalam eksistensi LSM Penjara ini adalah suatu komitmen para jajaran kepengurusan inti dan seluruh anggota LSM Penjara pusat dan di setiap daerah.

    “Rapat kerja ini adalah mencanangkan program kerja LSM Penjara, baik program kerja jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga LSM Penjara sangat berkomitmen dan memberikan konstribusi kepada Bangsa dan Negara, serta ikut andil dalam mendorong dan membantu penegakkan supremasi hukum di NKRI yakni dalam pemberantasan Korupsi,” tambah Ketua Umum DPP LSM Penjara.

    Agung menjelaskan, dalam program kerja LSM Penjara ini adalah menciptakan kegiatan-kegiatan kelembagaan dan sosial kontrol maupun pengawasan yang independen.

    “Program kerja LSM Penjara ini menciptakan berbagai kegiatan, baik dalam ikut andil untuk mendorong penegakkan supremasi hukum maupun kegiatan lainnya. Seperti pengawasan dan monitoring, sosial kontrol dan kegiatan sosial lainnya” jelasnya.

    Secara terpisah, Ketua DPC LSM Penjara Kabupaten Garut, Kusep Kuswendi, sebagai salah satu peserta rakernas, mengatakan rapat Kerja Nasional ini diselenggarakan untuk menentukan kerja LSM setiap tahun.

    “LSM Penjara Kabupaten Garut dituntut untuk lebih lebih konsisten dan mengembangkan eksistensinya,” ujarnya.

    Namun lanjut Kusep, eksis dan konsistennya pergerakan tetap tidak lepas dan mengacu kepada aturan lembaga.

    “Kegiatan rapat kerja ini yang diselenggarakan tiap tahun ini adalah sebuah bentuk komitmen konkrit ketua umum LSM Penjara dalam menentukan  agenda program kerja tahunan,” pungkasnya.***

    Rachman Esha