Desa Babakan Gelar Pelatihan Tata Boga

    Dejurnal.com-Bandung,-

    Salah satu penggunaan anggaran yang bersumber dari Apbn ( dana desa ) yaitu bidang pemberdayaan masyarakat. Dimana dalam bidang tersebut, desa – desa diseluruh Indonesia diharuskan untuk melaksanakan berbagai pelatihan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat, serta kualitas hidup masyarakat.

    Sebagai implementasi dari penggunaan dana desa tersebut, Desa Babakan Kecamatan Ciparay melaksanakan kegiatan pelatihan tata boga, yang dilaksanakan di gedung olahraga Desa Babakan, Senin, 17 September 2018.

    Menurut sekertaris Desa Babakan Denih Cahyadi yang dijumpai media online Dejurnal.com dikantornya, menuturkan bahwa kegiatan pelatihan tata boga tersebut diikuti oleh 45 orang ibu – ibu yang berasal dari 19 RW di Wilayah desa Babakan.

    Masih menurut Denih Cahyadi ” kegiatan pelatihan tata boga dengan jenis pengolahan ikan lele ( abon lele ) ini dilaksanakan dengan maksud yang pertama, untuk meningkatkan usaha menengah kecil dan mikro ( umkm ) masyarakat Desa Babakan. Yang kedua adalah dapat meningkatkan pendapatan / penghasilan masyarakat. Tambahnya

    Lebih lanjut Denih Cahyadi menambakan, yang ketiga untuk meningkatkan gizi masyarakat, hal tersebut sesuai dengan program bupati Bandung Dadang M Nasser yaitu program gemar makan ikan.

    Sedangkan nara sumber / pembicara dalam pelatihan tata boga tersebut adalah Kasi pemberdayaan kecamatan Ciparay Yeni Ruswati, petugas dari Upt Perikanan Ciparay Icung, dan akademisi dari akademi tata boga. Ungkap Denih Cahyadi.

    Diakhir pembicaraan Denih Cahyadi berharap semoga dengan adanya pelatihan tata boga ini bisa bermanfaat baik bagi peserta itu sendiri maupun bagi masyarakat yang lainnya. Karena dalam pelatihan tata boga tersebut tidak hanya cara mengolah ikan lele menjadi abon lele, tetapi juga dilatih cara beternak lele. Pungkasnya***

    Taryana Budiman