Upt Pupr Das Cirasea Bantu Para Petani

    Dejurnal.com-Bandung

    Untuk mengantisipasi dampak kekeringan yang terjadi sekarang ini, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang ( pupr ) kabupaten Bandung, melalui Upt Pupr Das Cirasea akan meminjamkan mesin pompa air, untuk mengairi sawah sawah ( areal pertanian ) kepada para petani yang ada wilayah naungan Upt Pupr Das Cirasea yang meliputi 8 kecamatan yaitu Kecamatan Baleendah, Ciparay, Pacet, Kertasari, Solokan Jeruk, Paseh, Ibun dan kecamatan Majalaya.

    Hal tersebut disampaikan Kasubag Upt Pupr Das Cirasea Dede Deliana SE , saat wartawan media online dejurnal.com menyambangi Kantornya Di jalan Panyadap Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Jumat Siang, 31 Agustus 2018.

    Masih menurut Dede Deliana SE, pihaknya akan melayani dengan seoftimal mungkin, keinginan para petani, kelompok tani dan mitra cai dalam meminjamkan pompa air, “asal ada berita acara yang dibuat oleh para petani, kelompok tani, mitra cai, serta adanya sumber air di wilayah tersebut. Ujarnya

    ” Peminjaman pompa air kepada para petani sering dilakukan disaat musim kemarau, salah satunya para petani yang ada di Desa Mekarsari Ciparay. Ungkap Dede Deliana SE.

    Lebih lanjut Dede Deliana SE, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan amanat undang undang nomor 7 tahun 2004 tentang sumber daya air yang intinya ” bahwa pengusaan sumber daya air diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten / kota sesuai dengan kewenangannya masing masing dan dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat. Dalam menyelenggarakan pengelolaan sumber daya air, pemda bertanggung jawab menyediakan air untuk semua kebutuhan dengan memberikan prioritas utama untuk kebutuhan pokok sehari hari dan pertanian rakyat. Pungkasnya.***

    Taryana Budiman