Pemilihan BPD Di Langensari Sebuah Terobosan Baru Dalam Berdemokrasi

    Dejurnal.com-Bandung,-

    Dengan akan berakhirnya masa jabatan BPD periode 2012 – 2018, maka seluruh desa di Indonesia harus melaksanakan kegiatan pemilihan BPD termasuk salah satunya di desa Langensari Kecamatan Solokan jeruk. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gor desa Langensari, Minggu 29 Juli 2018.

    Dalam pemilihan BPD di Desa Langen sari, “dari 3 dusun dan keterwakilan unsur perempuan, jumlah yang mendaftar untuk menjadi calon anggota BPD sebanyak 22 orang, yang tidak lolos memenuhi syarat pencalonan sebanyak 2 orang hal ini karena usia yang masih muda dan izajah ( pendidikan terakhir ) yang tidak memenuhi” jadi yang lolos untuk ikut pemilihan BPD 20 orang. Ujar Akub selaku ketua panitia.

    Akub menuturkan yang berhak untuk memilih calon anggota BPD di Desa Langensari adalah seluruh ketua RW dan RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh pendidikan dan tokoh perempuan.

    Lebih lanjut Akub menuturkan “Sedangkan yang terpilih menjadi anggota BPD Langensari periode 2018-2024 sebanyak 7 orang dengan perincian dari dusun 1 yaitu Rudi Rukmana dan Rizki Bahtiar. Dari dusun 2 Wawan SP.d dan Amin Zaelani. Dari dusun 3 yaitu Deden Jalaludin dan Asep Syarif Hidayat. Sedangkan 1 orang dari keterwakilan perempuan yaitu Dra Iis Herlianah”

    “Pemilihan BPD di Desa Langensari merupakan sebuah terobosan yang sangat baik, demokratis dan terbuka hal ini dikarenakan kedewasaan berbagai pihak, ungkap Akub.

    Ia berharap kepada anggota BPD terpilih untuk selalu berpegang kepada tugas dan fungsi BPD serta mengayomi masyarakat karena mereka semua dipilih oleh masyarakat dan akan kembali kemasyarakat.

    Hal senada di sampaikan kepala desa Langensari Agus Kusumah, menurutnya “pemilihan BPD di Langensari merupakan sebuah konsep dan terobosan baru yang luar biasa demokratis dan transparannya dalam mencapai demokrasi yang tingkat tinggi dilevel desa Langensari.

    Agus Kusumah berharap kepada Anggota BPD yang terpilih harus asfiratif dan bekerjasama dengan pemerintahan desa dalam memajukan masyarakat. Intinya BPD Langensari harus sabilulungan dengan pemerintah desa, agar desa Langensari menuju desa yang maju mandiri dan berdaya saing. Pungkasnya

    Taryana Budiman